Peringati Haul Pendiri Pesantren, PP. IKBAL TABAH Luncurkan Buku dan Majalah

Avatar of news.Limadetik
Peringati Haul Pendiri Pesantren, PP. IKBAL TABAH Luncurkan Buku dan Majalah
FOTO: Peluncuran Buku dan Majalah Ikbal Tabah

LIMADETIK.COM, LAMONGAN – Dalam rangka Peringatan Haul ke- 74 KH. Musthofa dan Masyayikh Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah, Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Besar Alumni Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah (IKBAL TABAH) Kranji Paciran Lamongan, Jawa Timur resmi meluncurkan dua buku dan Majalah Kranji.

Peluncuran Buku dan Majalah dilakukan secara resmi oleh Ketua Umum Pengurus Pusat IKBAL TABAH, Moh. Nur Huda di sela-sela Pembukaan MUBES XVII IKBAL TABAH di Aula Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Selasa (04/10/2022).

Adapun Buku dan Majalah yang diterbitkan IKBAL TABAH diakhir masa bakti Kepengurusan Periode 2016 – 2022 “IKBAL TABAH dalam liputan Media”, “Santri Kranji 2; Taat, Ikhlas, Tawadhu’, Istiqomah” serta “Kranji Magz Edisi II”.

Hadir dalam peluncuran buku dan majalah ini Ketua Yayasan Tarbiyatut Tholabah Drs. H. Fathurrahman, Rektor IAI Tabah Dr. Alimul Muniroh, Kepala MA Tabah Mahbub Junaidi, Kepala MTs Tabah Zainal Muttaqin dan Alumni Tabah lintas generasi.

Koordinator Litbang IKBAL TABAH Masyhari menyampaikan, buku “IKBAL TABAH dalam liputan Media” merupakan bagian dari ‘bukti’ eksistensi sebuah institusi yang dalam buku ini merekam aktifitas dan jejak Ikatan Keluarga Besar Alumni Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah (IKBAL TABAH) Masa Bakti 2016 – 2022 lewat peliputan media, baik cetak maupun online.

“Buku ini layaknya prasasti yang mengabadikan gerak dan langkah Ikbal Tabah Kranji dalam upaya pengabdiannya khususnya bagi almamater dan para alumni” kata Masyhari yang juga Wakil Sekretaris PCNU Kabupaten Cirebon ini.

Adapun Buku “Santri Kranji 2; Taat, Ikhlas, Tawadhu’, Istiqomah” ini berisi berbagai kisah para santri dan alumni pondok pesantren Tarbiyatut Tholabah yang tersebar di berbagai daerah, dengan berbagai macam profesi dan keahlian. Para alumni bertutur mengisahkan pengalaman masa silam mereka ketika berada di pondok.

“Buku ini berisi kompilasi tulisan para santri dan alumni dari lintas generasi, dalam rangka dokumentasi dan menggalakkan budaya literasi di kalangan santri dan alumni Tabah Kranji” terang Masyhari yang menjadi Editor Buku ini.

Sementara itu, Sekjen IKBAL TABAH Moh. Shorih Al-Kholid mengatakan pada akhir periode ini Pengurus Pusat IKBAL TABAH juga menghadirkan Majalah Kranji Edisi II dengan mengangkat tema utama “Sanad Ngaji lewat Online”. Disamping itu, banyak rubrik yang diangkat dalam Majalah Edisi II ini.

“Pada zaman kita hari ini, karya-karya ulama dan kiai, tidak harus berbentuk kitab dan karya tulis. Ada media-media baru yang bisa menjadi sarana menjaga dan merawat agar sanad keilmuan terus terjaga hingga anak cucu dan dzurriyah. Yakni lewat berbagai media digital. Baik audio maupun video, penyebarannya lewat media-media digital semacam Youtube, Spotify, atau aplikasi semacam Noice dan Anchor. Karya-karya ilmiah pengajian itulah yang kelak akan menjadi bukti bahwa sang kiai itu ada, bahwa ada ulama yang punya kapasitas keilmuan seperti ini” jelas Kholid yang juga sebagai Pemimpin Redaksi majalah ini.