Permudah Masyarakat Mengurus Administrasi Kependudukan, Pemerintah Desa Napo Daya Luncurkan Program LADEPAK

Avatar of news.Limadetik
Permudah Masyarakat Mengurus Administrasi Kependudukan, Pemerintah Desa Napo Daya Luncurkan Program LADEPAK
FOTO: Dokumentasi berlangsungnya program Layanan Desa Pengurusan Administrasi Kependudukan (LADEPAK).

LIMADETIK.COM, SAMPANG – Dalam upaya mempermudah masyarakat dalam kepemilikan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Camat Omben bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Discapil) meluncurkan program Layanan Desa Pengurusan Administrasi Kependudukan (LADEPAK).

Program tersebut dimulai dari Desa Napo Daya Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang pada Senin, (10/10/2022).

Disampaikan oleh Camat Omben, Didik Adi Pribadi, AP, MM  melalui Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Umum Kecamatan Omben, Nurul Agus Efendi, Sp.Msi menjelaskan, program ini adalah upaya inovasi pelayanan, yang tujuannya memanjakan masyarakat Se-Kecamatan Omben, khususnya dalam kepemilikan Administrasi Kependudukan (Adminduk).

“Inovasi ini, kita buat untuk kenyamanan masyarakat, agar mudah memiliki Adminduk” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Napo Daya, Holid Mawardi S.A.P ia mengaku senang dengan program LADEPAK yang dicanangkan oleh Kecamatan Omben tersebut.

“Program LADEPAK ini sangat bermanfaat sekali, khususnya bagi masyarakat pelosok desa, dan tidak hanya itu program tersebut merupakan suatu upaya pencapaian pemerintah desa, kecamatan dan Kabupaten untuk menuntaskan hak warganya dalam kepemilikan Adminduk,” ucap Holid.

“Dengan adanya program Ladepak ini, terutama warga Desa Napo Daya dalam mengurus  E-KTP, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kematian, Akta Kelahiran, Pengurusan Surat Pindah dan berbagai macam administrasi kependudukan bisa diselesaikan dengan cepat dan efisien, baik tenaga maupun transportasi, biayanya pun gratis” ujarnya.

Terpantau selama proses pembuatan Adminduk tersebut berlangsung lancar. Nampak antusias warga cukup tinggi untuk memiliki Adminduk.

Sementara Desy Damayanti selaku Kasi Identitas Penduduk Dispendukcapil Kab. Sampang, menjelaskan, program LADEPAK Kecamatan Omben ini berkolaborasi dengan Program Inovasi Dispendukcapil, yaitu Rela Berkorban.

Ia menjelaskan Rela Berkorban adalah Jemput Bola kepengurusan Adminduk, sesuai permintaan dari Kepala Desa atau Kecamatan di wilayah Kabupaten Sampang.

Sekitar 16 Orang perekaman untuk E_KTP Tanpa biaya, dimana proses pembuatan Adminduk, diberikan secepat mungkin, efisien waktu hingga tenaga, dimana telah berlangsung lebih dari 3 tahun terakhir.

“Dari hasil perekaman pengurusan Adminduk LADEPAK di Desa Napo Daya, Kecamatan Omben, kita merekam untuk E-KTP 16 Orang, dan KK 5 Orang,” tutur Desi.

Pihaknya kembali menjelaskan program ini sesuai amanat Undang-Undang No 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan menyatakan bahwa setiap penduduk mempunyai hak untuk memperoleh dokumen kependudukan.

“Administrasi Kependudukan diarahkan untuk memenuhi hak asasi setiap orang di bidang Administrasi Kependudukan tanpa diskriminasi pelayanan publik yang profesional” pungkas Desy.