PMM UMM 2022 Kelompok 14, Agenda Pelatihan Cas Flow Sederhana dan Market Place Usaha Mikro Khaifa Craft Jombang

Avatar of news.Limadetik
PMM UMM 2022 Kelompok 14, Agenda Pelatihan Cas Flow Sederhana dan Market Place Usaha Mikro Khaifa Craft Jombang
FOTO: PMM UMM 2022 Kelompok 14 di Jombang

LIMADETIK.COM, JOMBANG – Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Mitra Dosen dilakukan di Jl. Dsn Nglongko No.129, Desa Kebon Temu, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur, pada Rabu, 18 Agustus 2022 jam 09.30.

Kelompok mahasiswa yang beranggotakan lima orang, yakni, Wahyu Irawan, Abbas Bukhari, Sefana Ernastiti Triana, Tsabitah Siti Salsabilla Arinda, dan Farah Azzahra Putri yang didampingi oleh Agung Prasetyo Nugroho Wicaksono, S.E, M.A, selaku pembimbing pada PPM Mitra Dosen dan lapangan.

Kegiatan pengabdian ini berfokus pada UMKM yang melibatkan pemilik usaha Khaifa Craft Jombang di Desa Kebon Temu, Kabupaten Jombang, Miftakhul Innayatul Hakima.

Kegiatan yang dilaksanakan adalah pelatihan Cash Flow yang sederhana dan mengajarkan pembuatan account Market Place pada UMKM Khaifa Craft. Kegiatan pelatihan telah dilaksanakan di Jl. Dsn Nglongko No.129, Desa Kebontemu, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang.

Pemilik Khaifa Craft sendiri sudah memproduksi kerudung atau craft yang bisa dibeli secara offline maupun via online. Tempat untuk pembelian secara oflline beralamatkan Jl. Arjuno No.8, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

“Dalam pencatatan transaksi laporan keuangan dapat dikatakan belum maksimal dikarenakan pencatatannya masih manual dan menggunakan buku yang hanya terdapat kas masuk dan kas keluar” kata Wahyu Irawan, salah satu mahasiswa PMM UMM 2022 Kelompok 14 beberapa waktu lalu.

Maka tujuan dari Mahasiswa PMM Mitra Dosen ini lanjut Wahyu, adalah memberikan pelatihan Cash Flow yang sederhana untuk proses penyusunan anggaran dan mengajarkan pembuatan account Market Place pada UMKM Khaifa Craft untuk segi marketingnya secara langsung.

Selain mahasiswa, dosen juga turut serta dalam pengenalan terhadap laporan keuangan atau Cash Flow yang sederhana, agar mampu memberikan pemahaman dan nilai tambah dari segi strategi marketing sehingga bisa menarik konsumen dari berbagai kalangan.

“Selain dari itu, kegiatan ini meliputi Standart Operasional Procedure (SOP) yang terdapat pada laporan keuangan. Luaran wajib lainnya berupa jurnal publikasi nasional terstandart” tandasnya.