PMM UMM Kelompok 17 Gelar Kegiatan Penyuluhan Pembuatan Pupuk Botani pada Petani

Avatar of news.Limadetik
PMM UMM Kelompok 17 Gelar Kegiatan Penyuluhan Pembuatan Pupuk Botani pada Petani
FOTO: Para Mahasiswa UMM bersama warga petani

LIMADETIK.COM, MALANG – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang beranggotakan 5 orang dari kelompok 17 gelombang 6 menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM).

Koordinator kelompok, Anipah mengatakan, kegiatan PMM ini untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil Penelitian UMM. Kelompok yang dibimbing oleh Ganjar Adhywirawan Sutarjo, M.P. menggelar salah satu Program mereka yaitu memberikan penyuluhan kepada petani yang ada di desa merjosari RT 09/RW 09 dengan memberikan ilmu yang sudah didapatkan dari bangku perkuliahan dalam pembuatan pupuk botani.

“Kegiatan kami di Desa Mojosari, untuk memberikan pemahaman bagaimana cara membuat pupuk. Tentu ini adalah hasil yang kami dapatkan di bangku perkuliahan” katanya, Sabtu (24/9/2022).

Penyuluhan tersebut kata Anipah diharapkan dapat membantu petani dalam menyuburkan tanam yang mereka tanam supaya hasil saat panen dapat lebih segar dan dengan pupuk botani ini sangat ramah lingkungan.

“Pembuatan pupuk ini sangat mudah dan bahan yang digunakan banyak sekali di temui sehingga dalam penerapannya bisa dilakukan oleh semua kalangan petani” ucapnya.

Penggunaan pupuk botani ini lanjut Anipah sangat banyak sekali, diantara bahan yang mudah sekali ditemukan dan pengalikasian yang mudah, pupuk ini memiliki nutrisi yang sangat banyak sehingga mampu mempercepat masa panen karena kandungan hara dalam pupuk bokashi lebih tinggi dibandingkan pupuk kompos.

“Tidak hanya efek kepada tumbuhan saja tetapi dari penggunaan pupuk ini mampu mengembalikan kualitas tanah yang rusak akibat penggunaan pupuk kimia secara berlebihan” tukasnya.