banner podcast

Puluhan Mahasiswa Himpass Datangi Kantor Disdukcapil Sumenep, Ini Hasilnya

  • Bagikan
Puluhan Mahasiswa Himpass Datangi Kantor Disdukcapil Sumenep, Ini Hasilnya
FOTO: Himpass saat melakukan Audiensi bersama Disdukcapil Sumenep
Banner Iklan

SUMENEP, Limadetik.com – Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam, Himpunan Mahasiswa Kepulauan Sapeken Sumenp (HIMPASS), menggelar audiensi, di aula Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis (25/3/2021).

Dalam audiensi tersebut, Menyoal buruk, Pelayanan petugas Capil Kecamatan Sapeken, Bahkan pihaknya meminta agar operator Siak Capil segera dicopot jabatannya.

Sahrul Hubairi, Ketua Umum, Himpunan Mahasiswa Kepulauan Sapeken (HIMPASS) mengatakan, dari beberapa tuntutan yang telah disampaikan pihaknya, Disdukcapil Sumenep siap untuk melakukan evaluasi dan menindak tegas kinerja petugas Capil di Kecamatan Sapeken.

Baca juga: Himpass Berkomitmen akan Gelar Audiensi Bersama Disdukcapil Sumenep

“Semua sudah disampaikan. Kami akan menunggu keseriusan dari Disdukcapil, dalam melakukan evaluasi petugas yang ada di kecamatan Sapeken” katanya.

Sementara itu, R Abd Basid, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumenep menanggapi tuntutan yang disampaikan Himpunan Mahasiswa Kepulauan Sapeken (HIMPASS). Ia menilai, apa yang disampaikan Himapss merupakan informasi dan evaluasi untuk perbaikan pelayanan di tingkat Kecamatan yang harus ditindaklanjuti oleh Disdukcapil.

Baca juga: Mahasiswa Sebut Kadinsos Sumenep Kabur Saat Hendak Diminta Tanda Tangan Pernyataan

“Perbaikan pelayanan akan segara mendapatkan solusi, dengan percepatan pelayanan di Kecamatan Sapeken, termasuk inovasi Disdukcapil yang sudah kami paparkan kepada Mahasiswa agar masyarakat bebas memilih pelayanan” haturnya menanggapi permintaan Himpass.

Menganai tuntutan tentang pesonel yang kurang memenuhi etika, pihaknya kata Basit akan melakukan pembinaan dengan memanggil petugas yang bersangkutan, Sekaligus melakukan perubahan mindset dengan mengedepankan pelayanan.

“Dalam waktu dekat, kami akan panggil petugas di kecamatan Sapeken. Biar ada pembinaan” ucapnya.

Ia menganggap, bahwa evaluasi yang dilakukan Himpass tersebut, merupakan tindakan yang benar, check and balances (Pengawasan dan kesimbangan) antara yang melayani dan diberi pelayanan.

“Oleh karena itu, pertemuan ini sangat baik dan akan ditindak lanjuti” tukasnya.

(jrl/yd)

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.