banner podcast

Puncak Peringatan Hari Ginjal Sedunia, Wabup Sumenep Berkunjung ke RSUDMA

  • Bagikan
Puncak Peringatan Hari Ginjal Sedunia, Wabup Sumenep Berkunjung ke RSUDMA
FOTO: Ditemani Dirut RSUD dr. H.Moh.Anwar, Wabup Sumenep kunjungi pasien cuci darah
Banner Iklan

SUMENEP, LimaDetik.Com – Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj Dewi Khalifah berkunjung ke RSUD H.Moh.Anwar Sumenep, Jawa Timur. Kunjungan Wabup Nyai Eva ke RSUD dr.H.Moh.Anwar bersamaan dengan puncak peringatan hari ginjal sedunia.

Ketika berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah dr. Moh Anwar Sumenep, pihak RSUDMA sedang mengadakan sosialisasi kepada pasien terkait hemodialisis tentang pentingnya menjaga kesehatan ginjal, Jum’at (26/03/2021).

Dalam acara tersebut, Wakil Bupati Sumenep, Nyai Hj Dewi Khalifah ditemani langsung Direktur Utama RSUDMA, dr. Erliyati, beserta dokter dan staf RSUDMA untuk melihat secara langsung pelayanan dan fasilitas hemodialisasi.

Dikesempatan itu pula, Wakil Bupati Sumenep memberikan hadiah berupa bingkisan dan motivasi kepada pasien yang tengah menjalani cuci darah.

“Alhamdulilah, RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, sudah bisa melakukan pelayanan dengan gedung hemodialisis (HD) yang baru, ini yang pertama. Tentunya kami (pemerintah) berharap ini akan lebih bisa maksimal lagi,” ucapnya Wabup ditengah kunjungannya ke RSUD.

Tidak lupa dalam kunjungan itu, istri dari mendiang Ketua MUI Sumenep ini menyampaikan beberapa pesan motivasi agar pasien selalu bahagia dan menerapkan pola hidup yang berkualitas sehingga akan lebih cepat sembuh.

“Insya Allah semua panyakit pasti ada obatnya. Namun pada intinya kita jangan pernah mengentengkan terhadap penyakit yang diderita, ini yang ditangani sedini mungkin, maka dengan ketelatenan kita untuk berikhtiar mencapai sebuah kesembuhan yaitu dengan berobat dan terus semangat” terangnya.

Ketua Muslimat NU Sumenep ini menegaskan, selain menjaga kesehatan, Nyai Eva juga meminta masyarakat agar senantiasa menjaga kesehatan, pola makan, dan pola hidup, terutama deteksi dini untuk beberapa penyakit yang berimplikasi kepada ginjal.

Semisal lanjut Wabup, darah tinggi untuk segera ditangani dengan baik, memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit. Pada intinya ikhtiar harus selalu dikedepankan.

“Dengan tubuh kita yang sehat Insya Allah kita bisa melakukan kebaikan apapun, terlebih ibadah dengan nyaman. Maka dengan ini saya berharap, kepada masyarakat bahwa kesehatan ini adalah harta yang sangat berharga untuk kita” terangnya.

Di sisi lain, Wabup juga menyampaikan apresiasinya kepada pihak RSUDMA yang telah setia memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Sehingga masyarakat Sumenep tidak lagi susah dan jauh-jauh ke rumah sakit lain untuk berobat (cuci darah).

“Kepada pihak rumah sakit daerah dr. h. Moh. Anwar Sumenep, saya ucapkan selamat, mudah-mudahan akan selalu bermanfaat untuk masyarakat sumenep pada khususnya. dan umunya masyarakat yang berobat di RSUDMA” tutupnya.

Sementara itu, Dirut RSUD dr.H.Moh.Anwar Sumenep, dr.Erliyati menyampaikan terimakasih kepada Wakil Bupati Sumenep, yang sudah berkenan hadir dalam acara tersebut, hingga terselenggaranya kegiatan WKD secara keseluruhan.

Tak lupa dr Erliyati menyampaikan apresiasinya kepada pegawai di Instalasi Hemodialisis karena telah melayani pasien dengan sangat baik. Sehingga banyak jiwa yang sudah terselamatkan.

“Kepada ibu Wabup saya juga mengucapkan banyak terimakasih, karena ditengah kesibukannya masih dapat meluangkan waktu untuk memberikan perhatian yang begitu besar kepada pasien dan juga RSUD dr. H. Moh. Anwar,” haturnya.

Di tempat yang sama, dr. Nur Muhammad Mujib Hasan (Dokter Penanggung jawab Pasien) menyatakan, Instalasi Hemodialisis sejak berdiri hingga saat ini sudah melayani ribuan pasien. Dan, fasilitas pelayanan kesehatannya yang telah berkembang dengan sangat baik merupakan suatu upaya dan usaha yang telah dilakukan RSUD dr.H.Moh.Anwar Sumenep.

“Kualitas hidupnya (pasien, red.) Alhamdulillah semakin baik, yang biasanya secara medis, mestinya lumpuh dan bisa meninggal, Alhamdulilah dengan dicuci jadi lebih bagus. living well with kidney desease (Hidup berkualitas dengan penyakit ginjal) kita harus hidup sehat, bahagia, berkualitas, dan penuh semangat” katanya.

Itu karenanya, Dokter senior ini juga mengingatkan, agar masyarakat senantiasa sadar terhadap kondisi kesehatannya. Termasuk jika ada gejala penyakit diabetes agar segera diperiksa untuk mengetahui sejauh mana agar bisa tertangani dengan baik.

“Kita semua (Masyarakat) harus sadar akan pentingnya nilai kesehatan bagi tiap diri dan keluarga. Oleh karenanya sangat penting untuk mengetahui gejala penyakit awal, termasuk memriksa diabetes. Sebab kebanyakan pasien diabetes itu, karena tidak terasa di awal akhirnya dia jatuh kepada gagal ginjal. Maka diet yang paling penting itu bagaimana dietnya yang sehat, yang tidak merusak ginjal, tidak mengandung pengawet yang dapat merusak ginjal seperti zat pewarna dan lain sebagainya, sebab itu berbahaya” tukasnya.

Sebagaimana diketahui, instalasi hemodialisis saat ini dapat melayani pasien cuci darah setiap harinya hingga 19 pasien, dengan penanganan yang profesional serta dokter ahli di bidangnya.

(yd/yd)

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.