Putuskan Haji 2021 Batal Berangkat, Kemenag Sumenep Himbau Jamaah Tetap Bersabar

Putuskan Haji 2021 Batal Berangkat, Kemenag Sumenep Himbau Jamaah Tetap Bersabar
FOTO: Kasi PHU Kemenag Sumenep Hj.Innani Mukarromah (@arsip limadetik.com)

SUMENEP, LimaDetik.Com – Pemerintah memastikan tidak memberangkatkan jemaah haji pada penyelenggaraan Ibadah Haji 1442 H/ tahun 2021.

Innani Mukarromah, Kepala Seksi (Kasi) Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep mengatakan hari ini Kemenag RI sudah memberikan keputusan bahwa pemberangkatan dibatalkan.

“Kemenag RI menetapkan pembatalan keberangkatan jamaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442 H/2021 M bagi Warga Negara Indonesia yang menggunakan kuota haji indonesia dan kuota haji lainnya” kata Innani Mukarromah, Kepala Seksi (Kasi) Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, Kamis (3/6/2021).

Pembatalan ini dilakukan setelah belum adanya kepastian haji dari pemerintah Arab Saudi.

“Pemerintah Arab Saudi belum membuka akses layanan penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021 M dan pemerintah Indonesia membutuhkan ketersediaan waktu yang cukup untuk melakukan persiapan pelayanan bagi jemaah haji,” ujarnya.

Menurutnya, kebijakan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Agama No 660/2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Haji dan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1442 H/2021 M.

“Pemerintah menimbang sejumlah hal dalam penetapan haji tahun ini. Beberapa di antaranya belum adanya kepastian yang disampaikan oleh pemerintah Arab Saudi terhadap Indonesia. Selain itu pandemi Covid-19 menjadi pertimbangan pembatalan keberangkatan haji tahun ini,” paparnya.

“Jadi, bagi jamaah haji untuk tetap bersabar” himbaunya.

(Bahri/yd)