Raih Juara 1 Sabernova Award 2021, Ini Kelebihan Program “Asik Mas” Dinkes dan KB Sampang

Raih Juara 1 Sabernova Award 2021, Ini Kelebihan Program "Asik Mas" Dinkes dan KB Sampang
FOTO: Bupati Sampang H.Slamet Junaidi saat menyerahkan penghargaan kepada Kepala Dinkes KB, Agus Mulyadi

SAMPANG, LimaDetik.Com – Aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Puskesmas Sampang (Asik Mas) merupakan program inovasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa timur yang sudah lama diterapkan di beberapa Puskesmas.

Dalam ajang Sampang Berinovasi (Sabernova) Award 2021 yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Sampang melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sampang, Asik Mas telah berhasil mengantarkan Dinkes dan KB Sampang menyabet juara 1 kategori Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan berhasil menyingkirkan para kompetitor yang tak kalah hebat inovasinya.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi kepada Plt. Kepala Dinkes dan KB Sampang Agus Mulyadi SKM, M.Kes, di Pendopo Trunojoyo Sampang, pada Jum’at (04/06/2021).

Dihubungi via telephon seluler, Agus menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran yang dipimpinnya. Mulai dari Kepala Bidang, Kepala Seksi dan utamanya Kepala Puskesmas yang sudah bekerja ekstra keras mewujudkan pelayanan terbaik buat masyarakat.

“Terima kasih untuk semuanya, keberhasilan ini tak lepas dari kerja Tim. Utamanya Tim SIMPUS masing-masing Puskesmas di Kabupaten Sampang yang terus menerapkan Asik Mas. Masukan, koreksi, dan perbaikan fitur-fitur yang disampaikan menjadi modal pengembangan Asik Mas” ucapnya.

Menurut Agus, Inovasi tersebut sudah sejak lama. Pihaknya terus mengawal terus dalam rangka membuat sistem layanan yang lebih bagus dan lebih cepat.

“Aplikasinya yang dibuat untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan. Aplikasi itu ada di fasilitas terutama di Puskesmas” terangnya.

Raih Juara 1 Sabernova Award 2021, Ini Kelebihan Program "Asik Mas" Dinkes dan KB Sampang
FOTO: Para pemenang Sabernova Award 2021 bersama Bupati H.Slamet Junaidi di Pendopo Agung Trunojoyo Sampang

Ditanya terkait kelebihan dari Aplikasi Asik Mas tersebut, Agus menjelaskan, Asik Mas sebagai jawaban tuntutan perkembangan teknologi informasi, terutama sebagai alat bantu pengelolaan aktifitas keseharian pada pelayanan kesehatan di Puskesmas. Mulai dari pendaftaran pasien, manajemen diagnosa, manajemen obat, manajemen pasien, hingga rekap pelaporan data.

Asik Mas lebih ke pelayanan puskesmas dan jaringannya  baik itu Pustu atau Polindes dan lain-lain. Ada sistem antriannya, jadi antar ruang di puskesmas sudah terintegrasi. Mulai dari loket pendaftaran,cetak kartu pasien, rekam medis digital, pelayanan poli, UGD, rawat inap, laboratorium,kamar obat(apotek), pembayaran, semua sudah terintegrasi dalam Asik Mas. Dengan harapan paper less dan terdigitalisasi.

Aplikasinya sudah terintegrasi dengan smart idi milik Pemkab sampang dan berbasis web. Jadi masyarakat juga bisa memantau kunjungan pasien di puskesmas.

“Kelebihannya itu sudah tidak manual lagi. Lebih valid, pendaftaran bisa On line melalui Smart phone dan bisa diunduh di Play store. Bisa terintegrasi antara program yang satu dengan lainnya, terutama program obat. Obat bisa dicek terkait ketersediaannya, kemudian kebutuhannya itu setiap saat bisa dikontrol dan dikendalikan” ujarnya.

Agus berharap, pencapaian tersebut sebagai pemicu dan pemberi semangat untuk lebih giat lagi berinovasi demi menjawab harapan masyarakat.

“Semoga kedepan kita bisa berbuat yang lebih baik lagi untuk masyarakat. Masyarakat adalah spirit kami dalam bekerja. Kami hanya berupaya menjawab harapan masyarakat Sampang, utamanya yang berkaitan dengan pelayanan” pungkasnya.

(MDS/YD)