Selama Bulan Oktober 2022, Rangkaian Hari Jadi Sumenep ke-753 Akan Dimeriahkan Berbagai Pagelaran

Avatar of news.Limadetik
Selama Bulan Oktober 2022, Rangkaian Hari Jadi Sumenep ke-753 Akan Dimeriahkan Berbagai Pagelaran
FOTO: Kadis Budporapar Sumenep, H.Mohammad Iksan

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Selama bulan oktober 2022, rangkaian Hari Jadi Sumenep ke 753 tahun akan dimeriahkan dengan berbagai pagelaran seni dan budaya dengan berbagai penampilan untuk menghibur masyarakat.

Demikian hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Mohammad Iksan, Sabtu (24/9/2022).

Dia mengatakan, berbagai pagelaran akan dilaksanakan penuh selama bulan Oktober. Dimana pada 31 Oktober 2022 merupakan puncak Hari Jadi Sumenep ke-753.

“Tema Pada Hari Jadi Sumenep tahun 2022 ini, kita mengangkat tema ‘Harmoni Bumi Sumekar’. Oleh karenanya, Disbudporapar mewakili Pemerintah Kabupaten Sumenep akan menggelar berbagai rangkaian acara untuk menggali potensi budaya yang ada” kata Mohammad Iksan.

Iksan menegaskan, keputusan ini diambil karena Kabupaten Sumenep kaya akan kesenian dan kebudayaan. Sehingga perlu diperkanalkan secara luas kepada seluruh Indonesia melalui perayaan Hari Jadi nanti.

“Artinya dari beberapa kebudayaan yang ada di Sumenep kita gali, kita sampaikan dan eksplor ke seluruh penjuru” tegas Iksan.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan itu menyebutkan, berbagai kegiatan yang disiapkan mulai dari kesenian tradisional, seni modern, pawai budaya hingga prosesi Arya Wiraraja.

“Contohnya ada festival musik tong-tong, jaran serek, terus yang akan digelar teman-teman KJS yaitu Pelangi di Sumenep isinya fashion etnik, kuliner juga. Kemudian pawai, pesta rakyat yang menampilkan artis nasional yang berasal dari Sumenep, tentu ini akan menjadi daya tarik untuk Kabupaten Sumenep” jelas Iksan.

Selain itu tambah Iksan, akan ditampilkan lomba ayam bekisar, perkutut, karapan kambing, karapan sapi ada juga fun bike. Yang pasti nanti pada Oktober satu bulan full acara. Dan di puncaknya ada prosesi Arya Wiraraja.

“Hari Jadi Sumenep tahun ini memang akan digelar secara meriah. Sebab pada dua tahun terakhir dilaksanakan sederhana dikarenakan imbas pandemi Covid-19. Jadi mari kita dukung bersama agar semua rangkaian acara sukses terlaksana” tukasnya.