banner podcast

SEMBIO-VI, Prodi Pendidikan Biologi UMM Jawab Tantangan Pembelajaran Pasca Pandemi

  • Bagikan
SEMBIO-VI, Prodi Pendidikan Biologi UMM Jawab Tantangan Pembelajaran Pasca Pandemi
FOTO: Tangakapan layar Zoom VI Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMM
Banner Iklan

MALANG, Limadetik.com – Tantangan dan peran pendidikan dan Biologi dalam pembelajaran modern Pasca Pandemi Covid-19, Prodi Pendidikan Biologi FKIP-UMM, jawab dengan menggelar Forum ilmiah Seminar Nasional Pendidikan Biologi “SEMBIO VI”. Sabtu (6/11/2021).

Kegiatan yang digelar melalui ruang zoom meeting itu bertujuan untuk memberikan pandangan optimisme pandemi Covid-19 Pasti berakhir, memberikan pandangan bahwa sistem pendidikan dan pembelajaran harus lebih Modern untuk peningkatan Sumber Daya manusia, dan memberikan kesempatan kepada seluruh praktisi bidang pendidikan dan biologi untuk berperan dalam mengembangkan karya-karya inovatif pasca pandemi Covid-19.

Dr. Iin Hindun, M.Kes, Ketua Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMM mengharapkan, kegiatan forum Ilmiah yang diikuti oleh hampir 700 peserta, diantaranya adalah peneliti, praktisi pendidikan, Dosen, mahasiswa, dan Guru dari seluruh wilayah Indonesia, tidak hanya memanfaatkan giat sebagai even semata, akan tetapi kebermanfaatannya yang lebih penting.

“Sudah saatnya, berbagai luaran kegiatan Tridarma Perguruan tinggi yang dihasilkan oleh dosen, harus didesiminasikan karena ada nilai-nilai potensi hasil penelitian yang sudah teruji dan dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan kehidupan, khususnya untuk menyongsong aktifitas pasca Pademi Covid-19” ujar Dosen bidang Pendidikan dan genetika itu.

Sementara itu, Wakil Rektor I UMM Prof Dr Syamsul Arifin, M.Si turut mengapresiasi dan bangga dengan pelaksanaan seminar nasional ke VI, karena ia merasa lebih spesial, pasalnya banyak civitas akademika yang menyambut baik gelaran forum ilmiah tersebut, dibuktikan dengan peserta dan narasumber internasional.

“Sangat spesial, karena turut hadir pemateri internasional dari Department Biology Middle Tennessee State Univerity – USA, Prof Siti Nur Hidayati, PhD, Attarkiah Islamiyah Institute of Narathiwat – Thailand, Jendral Phaisan Toryib dan dari UMM, Assoc Prof Dr Eko Susetyarini, M.Si, sebagai pembicara kunci” katanya.

Lebih lanjut, Syamsul mengungkapkan, gelaran ilmiah ini juga memberikan keuntungan bagi para peserta yang mengikutinya, karena konsep acara di tahun 2021 ini menawarkan fasilitas yang menarik yaitu pengalaman langsung melalui workshop bagi peneliti pemula dalam meningkatkan skill kemapuan penulis artikel ilmiah melalui desain penelitian sederhana.

“Namun luaran berstandar reviewer internasional dan berpeluang lolos ke jurnal bereputasi internasional” ungkapnya.

Dalam pemaparannya, para pembicara kunci menuturkan, perlunya pemanfaatan teknologi dan cara-cara baru yang perlu dilakukan di masa mendatang menjadi fokus perhatiannya. “Maksimalkan peluang hari ini, untuk mendapatkan hasil maksimal dimasa mendatang, serta tidak berhenti untuk mewujudkannya” pungkasnya.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.