banner podcast

Smeksa Terapkan Barling Sebagai Wadah Curhat Siswa

  • Bagikan
Smeksa Terapkan Barling Sebagai Wadah Curhat Siswa
FOTO: Siswa SMKN 1 Sumenep sedang melakukan scan barcode counseling
Banner Iklan

LIMADETIK.COM, SUMENEP – SMKN 1 Sumenep (Smeksa) terapkan Barling (Barcode Counseling) guna mempermudah akses konsultasi, atau curhat dilingkungan Sekolah setempat.

Menurut Sujono Riyadi Waka Humas SMKN 1 Sumenep, penerapan Barling di SMKN 1 Sumenep, sudah dimulai sejak tahun 2021

“Penerapan Barling ini, Sejak tahun 2021, melihat informasi dari Guru Bimbingan dan Konseling, bahwa perlu ada layanan yang berbasis online agar, Siswa tetap bisa melakukan konsultasi secara online, kemudian kami riset dan alhamdulilah sudah terbangun. Saat ini kami sedang berupaya agar bisa di download melalui playstore,” papar Sujono.

Barling adalah barcode counseling atau sistem pelayanan, yang mengintegrasikan website dengan whatsApp. Kemudian berfungsi, sebagai alat untuk menyampaikan konsultasi, konseling atau curhat secara online.

Menanggapi inovasi tersebut, Akis Jasuli Komisi IV DPRD Sumenep menyampaikan, penerapan Barling (Barcode counseling) di SMKN 1 Sumenep, sangat sesuai dengan jumlah SDM dan Baground Sekolahnya, yaitu Sekolah Teknologi.

Menurutnya penerapan Barling atau barcode counseling, sangat strategis dilakukan, melihat aktivitas Remaja dan sebagian Guru sudah dialihkan melalui digital.

“Bagus, karena penerapan barling ini sangat menyentuh pada kebiasaan setiap hari, yaitu konsultasi atau curhat lewat WA, hanya saja dikemas ulang menjadi menarik dengan tampilan website,” kata Akis, Sabtu (17/9/2022).

Disisi lain, Akis Jasuli menilai, upaya pengembangan layanan pendidikan dilingkungan Sekolah, memang harus disesuaikan dengan tumbuh kembangnya Siswa saat ini, supaya lembaga Pendidikan banyak peminatnya.

“Maka, saya di Komisi IV DPRD Sumenep akan selalu mendorong, agar Sekolah yang ada di Sumenep, tetap melakukan inovasi, seperti yang telah dicetuskan oleh SMKN 1 Sumenep, yaitu Barling,” demikian kata Akis.

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.