Sosial Media Sebagai Sarana Bisnis Online

Sosial Media Sebagai Sarana Bisnis Online
FOTO: Ilustrasi

Assalamualaikum wr wb, halo kami dari kelompok 8 yang beranggotakan Anisa Vina Malinda (201810170311170), Andi Ramdhani (201810170311201), dan Dinda Cahyani (201810170311216). Pembuatan artikel ini juga tidak lupa masih didalam bimbingan Bapak Muhammad Wildan Affan, SE., MSA selaku dosen mata kuliah E-Commerce. Kami disini ingin menjelaskan mengenai Penerapan Media Sosial sebagai Sarana Bisnis Online dalam Meningkatkan Keuntungan, nah gimana sih penerapan media sosial sebagai sarana bisnis ini? yuk kita simak penjelasannya… semoga dapat dimengerti dan dipahami dengan baik ya oleh teman-teman semua!

Penerapan Media Sosial Sebagai Sarana Bisnis Online Dalam Meningkatkan Keuntungan

Perkembangan arus globalisasi saat ini berpengaruh terhadap kemajuan Ilmu Pengetahuan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Tingkat kemajuan dari IPTEK ini telah memberikan kemudahan bagi seluruh pengguna sosial media di berbagai bidang. Bukan hanya memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai sarana untuk berkomunikasi dan bertukar ilmu dan informasi saja, namun media sosial juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana bisnis online atau bidang perniagaan. Kehidupan manusia tidak terlepas dari hal jual beli untuk bisa memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Berkembang pesatnya dunia teknologi dan informasi ini telah menjadikan internet sebagai alat komunikasi yang sekarang sudah banyak diminat dan digunakan oleh masyarakat.

Dengan kemajuan media sosial saat ini semua kebutuhan dan urusan seperti sudah dimudahkan semua. Sosial media sebagai alat atau media sosialisasi , interaksi dan media untuk dapat menarik orang lain supaya melihat dan mengunjungi tautan yang berisi informasi mengenai suatu produk seperti produk jual beli. Media sosial juga sebagai media pemasaran yang paling mudah dan murah untuk memasarkan sebuah produk bisnis. Hal ini yang menyebabkan banyak dari para pelaku bisnis beralih menggunakan media sosial sebagai sarana berbisnis untuk mendapatkan keuntungan. Dengan menggunakan alat pemasaran yang interaktif, membangun komunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan serta alat untuk menjual dan membeli sebuah produk secara online.

Cara promosi dan memasarkan produk yang dilakukan perusahaan juga sudah mulai beralih yaitu menggunakan media cetak dan media elektronik dengan melalui internet atau media sosial. Media sosial yang digunakan seperti facebook , instagram , tiktok , twitter , whatsapp , youtube , website dan berbagai platform e-commerce yang digunakan untuk dapat mempromosikan produk ke konsumen karena menurut hasil riset media sosial sebagai tempat masyarakat untuk menghabiskan waktunya dalam menggunakan berbagai media sosial. Disamping itu dengan belanja melalui media sosial atau secara online lebih efektif dan gampang karena tidak perlu pergi ke tempat belanja para konsumen bisa kapan saja dan dimana saja jika ingin mengunjungi atau bahkan membeli barang atau produk yang dibutuhkan.

Jual beli secara online sudah banyak dan menjamur di Indonesia bahkan sangat direspon positif oleh masyarakat. Transaksi jual beli online rasanya sudah tidak asing lagi bagi orang-orang yang telah mengenal media sosial dan media elektronik. Kemudahan dalam berbelanja bermacam produk dan jasa membuat masyarakat Indonesia kini menjadikan Online Shopping sebagai tempat berbelanja yang baru selain pusat perbelanjaan yang biasanya langsung belanja di tempat. Dalam hal ini membuat para pelaku bisnis online terus berlomba-lomba untuk dapat membuka usaha dan menawarkan semua barang atau produknya dengan berbagai cara untuk dapat menarik para konsumen untuk berbelanja. Dengan memanfaatkan keadaan bahwa belanja online sedang diminati oleh masyarakat Indonesia sampai dalam jangka waktu yang tidak bisa ditentukan karena semakin berkembangnya teknologi semakin berkembangnya juga unit usaha bisnis berbasis online.

Sosial Media
Sosial media merupakan suatu media online yang para penggunanya dapat dengan mudah bersosialisasi, berinteraksi, saling berbagi satu sama lain yang dapat dilakukan secara virtual/online. Media sosial merupakan suatu media yang diciptakan untuk memudahkan interaksi sosial bersifat interaktif yang berbasis internet, gunanya untuk menyebarkan informasi. Sosial media memiliki banyak macamnya, diantaranya ada Instagram, WhatsApp, Twitter, Facebook, Line, Telegram, dan masih banyak
lagi aplikasi lainnya.

Dengan adanya sosial media tentunya sangat memudahhkan siapapun penggunanya terutana para pelaku pasar untuk menjalin komunikasi kepada para customernya dalam melakukan penjualan secara online. Pemasaran produk di sosial media merupakan salah satu teknik jitu dalam menarik pelanggan untuk membeli produk karena pemasaran dapat disebarkan dengan sangat santai dan tetap komunikatif. Di jaman seperti sekarang ini, pemanfaatan internet atau sosial media dianggap suatu trend setter yang harus dilakukan agar dapat menarik pelanggan dari penjuru kota maupun dunia.

Sosial Media Sarana Komunikasi Pemasaran
Soial media memberikan bermacam-macam jenis layanan yang mudah digunakan serta praktis bagi pengguna. Sosial media yang memiliki pengguna yang begitu banyak memberikan peluang yang cukup besar bagi pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya. Pelaku bisnis dapat memanfaatkan media sosial sebagai media komunikasi karena media sosial dapat menjangkau pengguna di seluruh dunia. Dan perlu diketahui penggunaan media sosial harus disesuaikan dengan karakteristik pengguna dan wilayahnya.

Komunikasi pemasaran merupakan aktivitas yang berusaha untuk menyampaikan informasi mengenai produknya ke konsumen, mempengaruhi konsumen dan mengingatkan mengenai keberadaan produk di pasar, hal tersebut agar konsumen dapat menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan. Cara untuk menyampaikan informasi pada umumnya adalah dengan promosi penjualan, periklanan, penjualan pribadi, humas dan publisitas, serta penjualan langsung.

Sosial Media Sebagai Cara Membangun Loyalitas Konsumen
Sosial media bagi pelaku bisnis merupakan alat yang paling efektif digunakan untuk menjalin
loyalitas pada konsumen. Sosial media dapat digunakan sebagai perantara untuk berkomunikasi dua arah
antara pelaku bisnis dan konsumen untuk saling berkomunikasi. Makah hal ini dapat diartikan sosial media
dapat digunakan sebagai alat utama untuk dijadikan sebagai customer service dalam menerima berbagai
keluhan dan masalah yang dihadapi konsumen.

Sosial Media Untuk Membentuk Citra Produk
Sosial media dapat dimanfaatkan untuk membentuk dan meningkatkan citra produk pelaku bisnis online, hal ini pelaku bisnis online harus berupaya untuk mengenalkan, mengembangkan serta merawat citra mereka. Selain itu, hal ini dilakukan agar pelaku bisnis online mengerti identitas dan citra mereka sebenarnya dan arah yang mereka tuju. Citra sendiri merupakan bagaimana perpektif atau pandangan konsumen atas produk dan pemilik produk tersebut.

Jual Beli Online
Jual beli online merupakan salah satu aktivitas transaksi jual beli dengan sistem elektronik dimana berdaya jangkau tidak hanya local tapi sampai global. Sistem elektronik yang banyak digunakan adalah media internet, seperti instagram, facebook, twitter dan media yang lain. Ini menunjukkan perkembangan jual beli sudah berkembang menjadi jual beli secara virtual atau tidak melihat secara fisik. Saat ini jual beli online sangat banyak digemari karena telah memanfaatkan sosial media.

Jual beli secara online memberikan potensi pasar yang cukup besar untuk dimanfaatkan dan dijadikan cara yang baru dan mudah untuk melakukan transaksi jual beli. Potensi pasar dapat dikatakan memiliki potensi yang besar dibuktikan dengan semakin banyaknya pelaku bisnis yang beralih jual beli menggunakan media E-Commerce seperti Shoppee, Tokopedia, Lazada, Jd.id, Bukalapak dan masih banyak media lainnya.

Demikian kiranya penjelasan dari kami mengenai sosial media sebagai sarana bisnis online, semoga yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi banyak pihak dan dapat dijadikan sebagai referensi untuk ke depannya…. Apabila ada salah kata kami mohon maaf.

Wassalamualaikum wr wb.

Respon (1)

Komentar ditutup.