Banner Ucapan Selamat

Sosialisasi Covid-19 di Desa Ternyang oleh Mahasiswa Kelompok 12 Gelombang 04 PMM UMM 2021

  • Bagikan
Sosialisasi Covid-19 di Desa Ternyang oleh Mahasiswa Kelompok 12 Gelombang 04 PMM UMM 2021
FOTO: Mahasiswa PMM UMM di Desa Ternyagan
Banner Iklan

MALANG, LimaDetik.Com – Saat ini kita masih menghadapi tantangan yang mengharuskan beradaptasi dengan situasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Corona Virus Disease-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan dan bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

Covid-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui percikan (droplet) dari penderita yang bersin atau batuk dan kontak erat dengan penderita atau kontak dengan permukaan dan benda yang terkontaminasi. Covid-19 masuk ke tubuh melalui mata, hidung, dan mulut lewat tangan yang terkontaminasi virus.

Mahasiswa Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dari Universitas Muhammadiyah (UMM) berencana melakukan sosialisasi mengenai bahaya Covid-19 atau cara pencegahan penularan penyakit Covid-19 sekaligus pembagian 100 botol Handsanitizer dan masker yang dilaksanakan oleh Kelompok 12 yang melakukan PMM di Desa Ternyang dengan beranggotakan Mislahul Ardliansyah, Vicky Fitria Rahayu Setyowati, Putri Galih Norma Susila, Rushita Prihandini Putri Bahari dan Parah Dina. Sebelumnya mereka telah mencari informasi mengenai penyebaran dan kasus Covid-19 di Desa Ternyang.

“Di desa ini termasuk daerah yang merupakan zona hijau untuk penyebaran Virus Corona dapat dilihat dimana sudah tidak ada yang terkena penyakit ini” ujar Pak Hadi, selaku Kaur Perencanaan Desa Ternyang.

Sosialisasi Covid-19 di Desa Ternyang oleh Mahasiswa Kelompok 12 Gelombang 04 PMM UMM 2021
FOTO: Mahasiswa PMM UMM saat menyerahkan masker gratis

Melihat keadaan tersebut, kelompok 12 PMM UMM gelombang 04 di Desa Ternyang sangat merasa terbantu saat melakukan sosialisasi Covid-19 dimana ada feedback yang baik dan kesadaran yang tinggi dari warga sekitar. Kegiatan berjalan dengan lancar yang dilaksanakan dari rumah ke rumah warga Dusun Turus dan Desa Ternyang pada pagi hari.

“Ada empat pesan protokol kesehatan secara umum untuk mencegah covid-19 yang disampaikan saat sosialisasi meliputi 4 M : Memakai masker dengan benar, Mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir atau hand saniter, Menjaga jarak minimal 1 meter Menghindari kerumunan” ujar Parah Dina, salah satu anggota PMM UMM

Mahasiswa PMM UMM kelompok 12 gelombang 04 berharap tambah Parah Dina, agar melalui kegiatan sosialisasi Covid-19 ini bermanfaat bagi warga di Desa Ternyang kedepannya tidak hanya sekedar sosialisasi namun dapat langsung diterapkan dalam kehidupan sehari hari agar terjaga hidup yang sehat.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa membantu dan bermanfaat bagi semua masyarakat khususnya masyarakat Desa Ternyang, sehingga apa yang kami lakukan saat benar benar dirasakan” tukasnya.

(sg/yd)

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *