Sukseskan Regsosek 2022, BPS Sumenep Ajak Media Bersinergi

Avatar of news.Limadetik
Sukseskan Regsosek 2022, BPS Sumenep Ajak Media Bersinergi
FOTO: Kepala BPS Sumenep, Ribut Hadi Chandra

LIMADETIK.COM, SUMENEP – Sukseskan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mengajak seluruh media serta seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta mensukseskan pendataan awal.

Hal demikian disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumenep, Ribut Hadi Chandra saat ngopi bareng dengan sejumlah Ketua Organisasi wartawan dan media di ruang rapat Kepala Dinas Kominfo Sumenep, Kamis (13/10/2022).

Dalam pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022, Kepala BPS Sumenep, Ribut Hadi Chandra meminta awak media untuk bersinergi memberikan informasi secara utuh kepada masyarakat terkait tujuan dan maksud dari pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek).

“Peran media dalam mensukseskan pendataan awal Regsosek di Kabupaten Sumenep sangat penting. Tentu dengan informasi yang benar dan utuh yang disampaikan kepada masyarakat akan sangat membantu bagaimana masyarakat menerima kedatangan petugas dari BPS untuk pendataan” katanya.

Chandra menyebutkan, tujuan pendataan awal Regsosek ini untuk memotret kehidupan masyarakat secara menyeluruh, baik dibagian sosialnya, kesehatan dan lainnya, sehingga kedepan tidak lagi ada masyarakat yang tidak tercover atau terlewatkan dalam data, baik data sosial maupun data ekonomi.

“Dalam pendataan awal ini akan ketemu nanti mana masyarakat yang kehidupan sosialnya rendah dan kehidupan ekonominya yang memang perlu untuk dilakukan perbaikan atau penyetaraan oleh Pemerintah. Begitu juga akan ketemu masyarakat yang mampu atau kaya. Ini semua akan berdampak pada penyesuaian inflasi masyarakat” ungkapnya.

Pri yang masih berdarah Keraton Jogjakarta ini menambahkan, pendataan awal Regsosek ini dilakukan oleh sejumlah petugas yang sudah dikontrak atau oleh BPS Sumenep. Yang nantinya data awal Regsosek akan menjadi ajuan pemutakhiran data pada tahun 2023 yang akan datang.

“Karena ini masih awal untuk pendataan, tentu pada tahun 2023 nanti akan dilakukan pemutakhiran, itu karenanya BPS sudah menurunkan tim atau petugas pendataan sebanyak 1.935 orang untuk 27 Kecamatan dan 330 lebih Desa dan Kelurahan” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumenep, Ferdian Tetrajaya menyambut baik langkah yang dilakukan BPS Sumenep merangkul seluruh organisasi wartawan dan media sebagai upaya mensinergikan informasi dalamrangka mensukseskan program Regsosek tahun 2022, sehingga media massa bisa memberikan edukasi sekaligus pengertian tujuan dari Regsosek tersebut.

“Media ini punya andil untuk mengedukasi masyarakat kita, sekaligus bisa membantu memberikan pengertian tujuan daripada Regsosek ini. Dengan demikian masyarakat harus jujur saat memberikan data keluarganya terhadap petugas yang datang mendata ke rumah warga” katanya.