banner podcast

Syaikh Oday Al Akhras Palestina akan Pimpin Tarawih di Masjid Al – Hidayah Darmo

  • Bagikan
Syaikh Oday Al Akhras Palestina akan Pimpin Tarawih di Masjid Al - Hidayah Darmo
FOTO: Syaikh Oday
Banner Iklan

SURABAYA, LimaDetik.Com – Syaikh Oday Mounis Hussein Al Akhras, asal dari Khan Yunis, Kota Gaza, Palestina,yang juga ulama dan penyiar agama Islam ini akan menginjakkan kaki di Surabaya, tepatnya di Masjid Al-Hidayah, Darmo Indah Barat, Surabaya, Minggu (25/4/2021) bakda Maghrib.

Syaikh Oday Al Akhras ini yang dikenal di channel YouTube dengan lagu selawat religinya dalam Safari Ramadan kali ini juga akan memimpin salat Isya dan tarawih di Masjid – yang beraura Masjidil Haram – kebanggaan warga Kota Surabaya ini.

Tokoh asal Gaza Palestina yang memperjuangkan nasib umat Islam di Palestina,di Gaza,yang diembargo tentara Zionis Israel telah tercatat beberapa kali datang ke Indonesia.

Menurut catatan media, pernah singgah di Nias, Bangka Belitung, Aceh, dan sejumlah kota lain di Indonesia, mengusung misi kemanusiaan mengunggah kepedulian umat Islam dunia untuk membantu umat Islam di Gaza, Palestina.Syaikh muda ini juga sempat mengislamkan beberapa orang di Aceh, dan menemui wakil rakyat di wilayah Sumatera Utara.

Dalam misinya, Syaikh menggambarkan kondisi umat Islam di Palestina yang mengalami kekejaman oleh zionis Israel, dan mereka sudah sangat tak berdaya. Mereka membutuhkan bantuan umat Islam dunia.

“Kita mengetuk perasaan, hati kita saudara se Aqidah, untuk membantu meringankan beban penderitaan saudara kita di Gaza, Palestina,” ujar Syaikh Uday yang dikutip dari beberapa media online.

Dia juga mengingatkan bahwa sejarah membuktikan bahwa hubungan Palestina dengan Indonesia sangat erat. Di mana ketika Proklamasi Kemerdekaan RI, dibacakan Soekarno-Hatta, Negara Palestina adalah salah satu negara yang mengakui kemerdekaan RI.

Syaikh Oday Al Akhras Palestina akan Pimpin Tarawih di Masjid Al - Hidayah Darmo

Ketua Takmir Masjid Al Hidayah, HR Moch Jupri Abu Saad, SE, mengatakan bahwa kehadiran Syekh Oday ke Surabaya, Indonesia, melalui perantara yang telah berkomunikasi sejak lama. Hubungannya, dengan Syaikh Oday, diakui sudah lama. Dia sebagai umat Islam se Aqidah, mengaku berempati kepada nasib saudara se Aqidah di Gaza, Palestina. Mereka mengalami kekejaman oleh Israel dan sekutunya melebihi gambaran di pemberitaan Televisi.

“Kekejaman ini tidak hanya diterima oleh orang dewasa saja, tetapi anak-anak kecil bahkan wanita hamil juga mengalami tindakan keji oleh Zionis Israel,” ujar M Jupri Abu Saad, yang juga pengusaha besi tua ini.

Dalam kesempatan kunjungan itu, Takmir Masjid menerima Syaikh Oday, yang akan mengajak umat Islam berempati. Syaikh Oday, juga akan berkesempatan memimpin salat jamaah Isya dan Tarawih di Masjid Al Hidayah.

Masyarakat Kota Surabaya diajak bersama takmir menyambut tamu dan saudara se aqidah, yang mengajak beramal untuk kehidupan masyarakat di Gaza, Palestina, akibat embargo Israel dan sekutunya.

“Katanya, 80 persen masyarakat Palestina mengalami kemiskinan akibat embargo Israel. Bantuan ke Palestina banyak yang tidak sampai, disita dan dirampas oleh pasukan Israel,” ujar H Jupri, menirukan pernyataan Syaikh Oday dalam pembicaraan non formalnya, melalui penerjemah.

Untuk kesiapan itu, Takmir Masjid Al Hidayah, menyiapkan fasilitas dan sarana di Masjid. Terutama untuk penyambutan. Bahkan Takmir menyebar pamflet dan undangan gratis hadir di Masjid untuk menambah ilmu di bulan Ramadan, sebagai amalan lain.

Bahkan Takmir, juga menyebarkan tagar di media sosial @dtpeduli @jatim_peduli, @odayakhras #safariramadan #sahabatpeduli, dan #Dtpeduli. Bahkan memberikan anjuran dan ajakan untuk menyiapkan Infaq terbaik untuk diberikan kepada umat Islam di Gaza, Palestina yang sedang kesusahan.

(Is/yd)

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.