Banner Ucapan Selamat

Takut Gagal Berangkat 2022, Calon Jamaah Haji Tak Berani Tarik Uang Pelunasan

  • Bagikan
Takut Gagal Berangkat 2022, Calon Jamaah Haji Tak Berani Tarik Uang Pelunasan
FOTO: Ilustrasi Jamaah Haji
Banner Iklan

SUMENEP, LimaDetik.Com – Pasca batalnya pemberangkatan calon jamaah haji Indonesia, khususnya jamaah asal Kabupaten Sumenep, Madura, Jatim, Pemerintah melalui Menteri Agama telah memperbolehkan menarik uang pelunasan bagi jamaah yang ingin menariknya.

Namun, walaupun ada tawaran tersebut sebagian calon jamaah haji merasa was-was untuk mengambil uang pelunasan tersebut, dikarenakan tahun 2022 takut tidak ikut berangkat.

“Walaupun ada penawaran uang pelunasan bisa diambil, saya takut ayah saya tidak bisa berangkat tahun 2022,” kata Muhtadi, kepada Limadetik.com, Jum’at (11/6/2021).

Baca juga: Kemenag Sumenep Tegaskan Dana Haji Aman dan Tidak Digunakan

Kekewatiran tersebut timbul, lantaran Muhtadi mengaku tidak tahu peraturan atau teknis pemberangkatan calon jamaah haji.

“Apalagi saya masih belum tahu taknis pemberangkatan calon jamaah haji mas,” paparnya.

Sementara Innani Mukarromah, Kepala Seksi (Kasi) Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, mengatakan membolehkan kepada semua calon jamaah haji mengambil uang pelunasan.

Baca juga: Putuskan Haji 2021 Batal Berangkat, Kemenag Sumenep Himbau Jamaah Tetap Bersabar

“Uang pelunasan boleh diambil, asalkan pada saat pelunasan lagi bisa dipenuhi” paparnya.

Namun, menurut Innani Mukarromah, apabila uang setoran awal dan pelunasan ditarik semua. Maka, dapat dipastikan calon jamaah gagal berangkat.

“Kalau uang setoran dan pelunasan ditarik semua, berarti calon jamaah menggagalkan pemberangkatan. Artinya kalau mahu daftar lagi harus nunggu lagi sekitar 35 tahun untuk berangkat,” jelasnya.

(Bahri/yd)

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *