banner podcast

Tiga Syarat Jadi Generasi Hebat Versi Mas Tamam untuk Mahasiswa

  • Bagikan
Tiga Syarat Jadi Generasi Hebat Versi Mas Tamam untuk Mahasiswa
FOTO: Bupati Pamekasan H.Baddrut Tamam saat memberikan sambutan dalam acara pelantikan Forum Mahasiswa Pamekasan Yogyakarta di Mandhapa Aghung Ronngosukowati
Banner Iklan

PAMEKASAN, LimaDetik.Com – Di hadapan mahasiswa Yogyakarta Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam memaparkan tiga syarat untuk jadi generasi yang hebat pada masa yang akan datang.

Mas Tamam sapaan akrab Bupati Pamekasan menyampaikan gagasannya di hadapan mahasiawa Yogyakarta dengan penuh semangat dan dedikasi yang berwibawa saat melantik pengurus Forum Mahasiswa Pamekasan Yogyakarta, di Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Kamis (27/5/2021).

“Mahasiswa saat ini harus menyiapkan segala potensi dirinya agar menjadi sumber daya manusia (SDM) yang mampu berdaya saing di masa yang akan datang. Sebab, revolusi industri menuntut seseorang untuk bertindak cepat” katanya.

Selain itu, Bupati kebanggaan kaum milinial di Kota Gerbang Salam ini juga menyampaikan, bahwa setidaknya ada tiga syarat yang wajib dipenuhi untuk mempersiapkan generasi unggul masa depan. Syarat pertama adalah memiliki trust (bisa dipercaya, red) oleh publik. Sebab, kepercayaan menjadi modal utama dalam setiap aktivitas seseorang. Dengan demikian ketertarikan terhadap Mahasiswa akan jauh lebih baik.

“Jika mahasiswa ingin cemerlang di masa yang akan datang, setidaknya harus memenuhi beberapa syarat agar jadi generasi hebat masa depan, syaratnya yaitu ada tiga. Pertama adalah generasi yang memiliki trust (bisa dipercaya). Karenanya trust kunci utama,” ungkapnya di hadapan Mahasiswa.

Lebih lanjut mantan Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur itu mengatakan, beberapa indikator seseorang yang memiliki trust adalah Shiddiq, Amanah, Tabligh dan Fatonah. Dengan demikian, seorang pemimpin mereka merupakan yang memiliki kepercayaan tinggi di tengah-tengah masyarakat.

Tiga Syarat Jadi Generasi Hebat Versi Mas Tamam untuk Mahasiswa
FOTO: Keceriaan para Mahasiswa Pamekasan saat berpose bersama Bupati Baddrut Tamam

“Intelektualitas atau kemampuan epistemologinya luar biasa, ini merupakan syarat kedua bagi mahasiswa, sumber dayanya bagus dan mampu melakukan kreasi dan akselerasi. Jadi, yang dibaca itu bukan hanya teori purbakala saja, tapi setidaknya mulai memahami perkembangan zaman yang cukup pesat” tandasnya.

Dalam pandangan Bupati muda ini, mahasiswa sebagai orang yang bergelut dengan buku harus banyak membaca untuk memperkeya khazanah keilmuannya. Sehingga kreasi dan inovasi yang dilakukan sesuai dengan era kebaruan.

Adapun syarat yang ketiga lanjut Bupati, mahasiswa harus mau melangkah dengan cepat, kalau tidak cepat pasti akan ditinggal. Sebagai contoh Bupati menyampaikan, kalau dulu orang mau dibilang pengusaha hotel harus bangun hotel terlebih dahulu, tetapi sekarang tidak. Sudah bisa melalui handphone secara online.

“Di era industri 4.0 menuntut seseorang untuk bekerja cepat. Sehingga, generasi yang mampu berkompromi dengan teknologi akan menjadi generasi pemenang di masa yang akan datang. Itu sebabnya menjadi tertinggal jika cara berfikirnya masih tetap dengan metode lama” terang Mas Tamam.

Terakhir Mas Tamam menyinggung, bagaimana seorang mahasiswa harus sudah mempersiapkan diri sedini mungkin untuk menghadapi persaingan secara global yang tidak mungkin bisa dihindari lagi.

“Sejak sekarang sebagai generasi, mahasiswa harus sudah memiliki persiapan, karena ke depannya persaingan di dunia industri dan kemapanan serta kecanggihan teknologi akan semakin tampil dan bersaing dengan begitu ketat” tukasnya.

(ADV/Arf/Yd)

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.