banner podcast

Tokopedia Terus Berinovasi Terhadap Aplikasi Demi Menjaga Loyalitas Para Pengguna

  • Bagikan
Tokopedia Terus Berinovasi Terhadap Aplikasi Demi Menjaga Loyalitas Para Pengguna
FOTO: tokopedia
Banner Iklan

Oleh :
1. Melania Anita Rahma (201810170311125)
2. Yessi Wulandari (201810170311128)
3. Selfia Windiastuti (201810170311125)
Jurusan Akuntansi Semester 6 Universitas Muhammadiyah Malang

Kepuasan pelanggan merupakan standar minimum yang harus dicapai oleh setiap perusahaan, sebab kepuasan pelanggan adalah titik awal pelanggan yang setia. Meskipun hal tersebut hanya dapat disebut sebagai sebuah permulaan yang tidak memiliki inti, dengan hal ini menunjukkan bahwa pelanggan yang puas tidak selalu menjadi pelanggan yang loyal. Kepuasan pelanggan masih seperti potongan-potongan teka-teki dari terciptanya loyalitas pelanggan, itulah mengapa kepuasan pelanggan sangat penting untuk suatu dapat dipastikan. Perusahaan perlu memahami komponen yang membentuk pengalaman pelanggan secara keseluruhan dan
bagaimana pelanggan mengonfigurasi komponen tersebut.

Apa saja komponen yang membentuk pengalaman pelanggan secara keseluruhan? Pengalaman pelanggan dibentuk ketika pelanggan menggunakan produk atau jasa (Product), dan datang ke tempat (Place), menjalani rangkaian proses (Process), saling “berhubungan” dengan orang-orang (People), dan berurusan dengan
masalah yang berhubungan dengan orang-orang (Problem). Place, Product, Process, People dan Problem (5P) merupakan komponen penyusunan pengalaman pelanggan.

Salah satu startup e-commerce lokal terbesar dan teraman di Indonesia yaitu Tokopedia, dimana hal ini menjadikan Tokopedia cukup diminati oleh banyak masyarakat pecinta bisnis online. Pencetus aplikasi ini merupakan 2 orang anak bangsa yang memiliki ide pemikiran berkemajuan dan cerdas. Selain itu, tokopedia juga merupakan salah satu pendiri IDeA atau Indonesian e-Commerce Association yang telah mendapatkan investasi seed dari East Ventures, series A dari Cyber Agent Ventures dan yang terakhir yaitu juga mendapatkan dana dari Netprice Japan.

Aplikasi Tokopedia ini tidak hanya berupa kegiatan transaksi jualbeli saja,tetapi juga merupakan penyedia toko online dan tentunya pelayanan yang diberikan kepada pengguna aplikasi ini menjadi prioritas utama. Tokopedia juga bekerjasama dengan agen distributor atau pengiriman barang di seluruh Indonesia, tentunya hal ini yang mempermudah para pengguna web ini untuk memeriksa pengiriman barang. Adapun konsep dari Tokopedia, yaitu memberikan pelayanan tanpa sekat pada para konsumennya. Tentunya dengan adanya Tokopedia ini sangat mempermudah para pengguna online shop.

Adapun beberapa Unique Features Of E-Commerce Technology yang juga diterapkan di Tokopedia yang pertama yaitu, ubiquity yang berarti ini dapat diakses dimana saja, kapan saja, baik menggunakan smartphone atau komputer selagi para pengguna memiliki kuota internet. Selain itu, implemantasi Unique Features Of E-Commerce Technology salah satunya yaitu global reach Tokopedia juga menyediakan layanan yang diharapkan dapat mempermudahkan para pengguna, seperti Tokopedia TopAds fitur ini berguna untuk mempromosikan produk atau toko yang ada sehingga lebih berpotensi dikenal oleh lebih banyak pembeli. Selanjutnya ada fitur richness yang merupakan fitur pendukung pesan video, teks dan audio yang memungkinkan dapat menyampaikan pesan kepada semua orang misalnya seperti iklan promosi.

Pada Tokopedia terdapat fitur yang disebut dengan Tokopedia Play, fitur ini terintegrasi dengan aplikasi Tokopedia. Dimana para pengguna dapat menikmati live shopping atau berbelanja langsung dan tentunya juga menghibur. Selain itu pada Tokopedia Play juga menyediakan berbagai macam konten kreatif, interakti dan informatif, dan para pengguna juga bisa mengikuti berbagai macam kuis yang disediakan untuk mendapat berbagai diskon, dan nilai tambah atau koin. Lalu ada interactivity atau interaksi yang berarti adanya interaksi antara penjual dan pembeli yang mudah, adapun fitur yang ada di Tokopedia yaitu berupa TopPoints.

TopPoints ini merupakan poin reward yang diberikan kepada para pembeli yang beruntung, keuntungan dari TopPoints ini pembeli akan mendapatkan diskon hingga 20% untuk semua produk yang ada di Tokopedia. Dan dengan adanya fitur ini tentunya juga memberikan dampak yang baik bagi penjual, karena pastinya pembeli akan memanfaatkan diskon yang diberikan tersebut untuk membeli produk yang diinginkan atau diincar. Lalu ada reputation system yang merupakan fitur Information destiny yang diterapkan di Tokopedia. Reputation system merupakan suatu sistem penilaian baru untuk penjual, pembeli dan produk yang ada di Tokopedia. Fitur ini menggantikan sistem review yang ada pada sistem yang lama, kelebihan dari fitur ini yaitu tidak hanya penjual yang dapat memberikan penilaian terhadap penjual tetapi disini penjual juga bisa memberikan nilai ke pembeli sehingga dapat disebut bahwa sistem ini bekerja secara 2 arah.

Dengan adanya ditur ini diharapkan proses penjualan atau pembelian dapat menjadi lebih mudah dan transparan. Selanjutnya ada fitur sort/urutkan, fitur filter, dan homepage yang merupakan implementasi dari fitur personalization customization yang ada di Tokopedia. Fitur sort atau urutkan ini merupakan fitur yang digunakan untuk mengurutkan harga produk mulai dari yang terendah ke yang tertinggi, dan juga menurut rating produk.

Fitur filter ini dapat digunakan untuk menentukan penjual terdekat, menentukan batasan harga, dan yang lainnya. Selain itu, di fitur ini juga memberikan banyak informasi keuntungan bagi pembeli antara lain yaitu, cashback, bebas biaya ongkir, hingga diskon. Homepage banner di bagian paling atas ini merupakan fitur yang berguna untuk para pengguna Tokopedia, dimana fitur ini akan menampilkan berbagai penawaran terbaru setiap saat.

Selain beberapa hal diatas Tokopedia juga mementingkan Kecepatan transaksi untuk kepuasan konsumen. Kecepatan transaksi merupakan salah satu nilai penting dalam pertimbangan calon pembeli atau pelanggan saan ingin berbelanja di toko yang sudah tersedia. Tokopedia menampilkan kecepatan pelayanan toko di halaman profil toko. Kecepatan Pengiriman Toko merupakan waktu pengiriman tercatat dari saat melakukan pemesanan hingga saat penjual memasukkan nomor tanda terima. Kecepatan Pengiriman Toko ini tersedia sesuai dengan waktu paling awal dalam sehari (24 jam), nilai yang ditampilkan untuk Kecepatan Pengiriman Toko akan diperbarui setiap harinya.

Tak hanya itu Tokopedia baru saja meresmikan Tokopedia Care di Yogyakarta dan Semarang. Menurut VP of Operation Tokopedia Rudy A Dalimunthe mengutarakan bahwa Tokopedia Care merupakan wujud salah satu DNA perusahaan, focus on consumer. Ia mengatakan bahwa Tokopedia Care merupakan pionir dalam memastikan kualitas terbaik dan terpercaya. “Tokopedia adalah perusahaan yang dapat dipercaya. Tujuan utama Tokopedia Care adalah memberikan layanan terbaik kepada semua pengguna yang mempercayai kami dan menciptakan peluang untuk berbuat lebih banyak” ujarnya di kantor Tokopedia Care Yogyakarta, Jumat (26/4)

banner iklan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.