Turunkan Angka Stunting, Camat H. Kiyatno Pimpin Loka Karya Mini di Kecamatan Camplong

Avatar of news.Limadetik
Turunkan Angka Stunting, Camat H. Kiyatno Pimpin Loka Karya Mini di Kecamatan Camplong
FOTO: Camat Camplong H Kiyatno saat memberikan edukasi dalam acara Mini Lokakarya Kecamatan.

LIMADETIK.COM, SAMPANG – Dalam Upaya menurunkan angka stunting di Kecamatan Camplong, dilaksanakan acara Mini Lokakarya Kecamatan, dalam rangka penurunan stunting di Kecamatan setempat, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, tahun 2022.

Acara digelar di Aula Kantor Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang pada Senin (23/9/2022).

Kegiatan Mini Loka Karya tersebut, dihadiri Camat Camplong, Dalduk dan KB kebupaten Sampang, Kepala Desa se-Kecamatan Camplong, Kapolsek Camplong, Danramil, Ketua PKK Kecamatan camplong dan pengurus PKK Desa, Kepala Puskesmas Camplong, penyuluh KB, perwakilan tim pendamping Keluarga dan perwakilan kader posyandu.

Dalam kesempatan itu, Camat Camplong H Kiyatno mengungkapkan, bahwa Stunting merupakan program prioritas nasional yang memiliki beberapa strategi penanganan yang terus diusahakan hingga sekarang.

“Program prioritas nasional ini tidak akan berjalan apabila tidak ada kerjasama antara seluruh pemangku kepentingan, baik Pemerintah Pusat, hingga Pemerintah Desa, maupun dari masyarakat,” kata Camat Camplong H.Kiyatno.

Camat Camplong berharap ada rasa kepedulian para kader untuk selalu mengingatkan para ibu hamil yang ada di wilayah masing-masing.

“Jangan pernah bosan menyuruh ibu-ibu hamil, untuk rajin memeriksa kandungannya dan menjaga pola makannya dengan gizi seimbang,” harapnya.

Sementara, Kabid Dalduk dan KB Kebupaten Sampang, Zahruddin menjelaskan, bahwa pencegahan Stunting dimulai dari hulu yang artinya pencegahan dimulai dari calon pengantin.

Zahruddin perintahkan khususnya para kader Tim Pendamping Keluarga (TPK) agar selalu mendampingi ibu hamil.

“Ajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tetap melakukan pendampingan kesasaran (calon pengantin, ibu hamil, ibu nifas dan baduta),” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan ini rencana kerja dan target yang akan dilakukan dalam rangka pengawalan dan evaluasi serta program percepatan penurunan stunting.

“Kegiatan ini sasar seluruh Desa dalam satu Wilayah Kecamatan Camplong, yang nantinya dapat terpantau dengan baik,” pungkasnya.