Unsur Guskamla Koarmada II Laksanakan Shadowing Usav Harpers Ferry

MAKASSAR, Limadetik.com – KRI HIU-634 sebagai salah satu unsur Satuan Kapal Cepat Koarmada II yang saat ini berada di bawah kendali Operasi Guskamla Koarmada II berhasil melaksanakan Shadowing dan Pengamanan terhadap kapal Usav Harpers Ferry yang melintas di perairan Selat Makassar, Sabtu (31/07/2021).

Kapal parang dari Amerika tersebut mempunyai misi untuk mendukung pelaksanaan latihan bersama dengan prajurit TNI AD di daratan Kalimantan Timur Semayang – Balikpapan dalam even Latma Garuda Shield-15.

Sesuai perintah dari Komando Atas, KRI HIU yang di Komadani oleh Ltk Laut (P) Rivo De Havilland tengah melaksanakan Operasi Keamanan Laut di Perairan Selat Makassar dan segera menuju titik intersep dengan Kapal Usav Harpers Ferry yang bertolak dari pelabuhan Panjang Bandar Lampung pada Hari Rabu tanggal 28 Juli 2021.

Pada jarak -/+ 20 NM Radar serta AIS dari KRI HIU-634 dapat mendeteksi kontak Usav Harpers Ferry dan berhasil melaksanakan shadowing pada pukul 15.30 WITA s.d. 17.00 WITA pada hari Sabtu tanggal 31 Juli 2021, di Perairan Selat Makassar tepatnya pada posisi 03 56’ 05” S – 116 37’ 42” dengan jarak 1000 yard.

Ditempat terpisah, Komandan Guskamla Koarmada II, Laksamana Pertama TNI IG.P. Alit Jaya S.H., M.Si., menekankan agar unsur yang melaksanakan shadowing selalu memperhatikan keamanan navigasi dan memberikan jalur pelayaran yang aman bagi pengguna laut dan kapal perang negara asing yang tengah melewati perairan Indonesia sesuai dengan peraturan yang ada di UNCLOS 1982.

Hal ini sejalan dengan perintah dari Panglima Komando Armada II, Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr.(Han). “Bagi prajurit yang sedang melaksanakan tugas operasi agar senantiasa selalu menunjukkan Profesionalitas dalam bertugas dimanapun berada” jelas Danguskamla.

(Pen2/LD)