Untuk Menggali Kompetensi dan Tingkat Profesionalisme, Dinas PUPR Bondowoso Gelar Uji Kompetensi

Untuk Menggali Kompetensi dan Tingkat Profesionalisme, Dinas PUPR Bondowoso Gelar Uji Kompetensi
FOTO: Suasana penutupan uji kompetensi dan sertifikasi Dinas PUPR Bondowoso

BONDOWOSO, Limadetik.com – Selama 3 hari, yakni dari Tanggal 25 sampai 27 Oktober 2021, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bondowoso menggelar Uji Kompetensi dan Sertifikasi bagi kontraktor di bidang pelaksana jasa konstruksi bangunan serta pengeboran air bersih.

Acara yang di gelar di Cafe Orilla Bondowoso ini diikuti oleh 80 peserta dari berbagai pelaksana jasa kontruksi di Kabupaten Bondowoso.

Dari keterangan Kepala Dinas PUPR, H. Munandar yang disampaikan melalui Sekertaris Dinas PUPR, Ansori, bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang secara berkala diadakan oleh dinas tersebut.

“Kegiatan ini kita laksanakan setiap tahun untuk menggali kompetensi atau tingkat profesionalisme personil dan juga memenuhi amanah UUJK No. 02 Tahun 2017, PP No. 14 Tahun 2021 tentang jasa kontruksi” kata Anshori pada Limadetik.com usai acara penutupan, Rabu (27/10/2021).

Menurutnya, bahwa tujuan uji kompetensi ini agar pekerjaan bisa lebih baik dan lebih bagus.

“Kalau sudah mempunyai kompetensi maka pekerjaannya akan lebih profesional, jadi akan memberikan manfaat kepada masyarakat Bondowoso” tambah Anshori.

Sedangkan untuk mekanismenya, pihaknya menuturkan bahwa penerapannya yakni pemberian materi dan ujian bagi para pelaksana jasa konstruksi.

“Untuk pemberian materi kita datangkan dari Balai Jasa konstruksi Surabaya, Para Assesor dan terakhir adalah ujian” kata Anshori lagi.

Ia mengatakan bahwa uji kompetensi ini kalau bisa diibaratkan SIM bagi pengendara.

“Kalau diibaratkan kendaraan, mereka itu sudah punya SIM, jadi mereka sudah legal dan percaya diri untuk mengerjakan pekerjaan konstruksi dengan keilmuan yang mereka dapat” kata pria muda ini.

Pihaknya berharap, agar para penyedia jasa konstruksi sesuaikan dengan kompetensinya dalam melaksanakan pekerjaan.

“Harapan kami sesuaikan dengan kompetensinya, Gunakan ilmu yang sudah di dapat sebaik mungkin, jadi harus lebih baik dari sebelum mengikuti uji kompetensi ini” kata Anshori menutup keterangannya pada Limadetik.com.