Opini  

Urgensi Kecerdasan Budaya dalam Bermedia Sosial di Tengah Masyarakat Multikultural

Avatar of news.Limadetik
Urgensi Kecerdasan Budaya dalam Bermedia Sosial di Tengah Masyarakat Multikultural
FOTO: Rizal Ghozali

Oleh : Rizal Ghozali
NIM :190406030029
Prodi: Peternakan
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

_______________________________

PENGANTAR
Peningkatan penggunaan media sosial dikala pandemi, membuktikan bahwa media sosial menjadi alternatif yang dipilih masyarakat guna memenuhi kebutuhan bersosialisasi dengan orang lain. Luasnya jangkauan media sosial mengakibatkan para pengguna media sosial dapat berinteraksi dengan orang lain dari berbagai latar belakang budaya. Hal tersebut menandakan bahwa sangat penting bagi masyarakat multikultural untuk memiliki kecerdasan dalam berbudaya, terutama dalam bermedia sosial di era new normal.

PENDAHULUAN
Faktor pengetahuan berkaitan dengan wawasan individu terkait budaya dan perbedaan-perbedaan di antara yang lainnya. Faktor strategi berkaitan dengan kesadaran individu untuk mengembangkan dan mencari cara maupun aturan baru untuk berinteraksi.

PROBLEMATIKA
kemampuan individu dalam memahami berpikir dan berperilaku secara efektif dalam situasi dimana terdapat perbedaan antar budaya?

PEMBAHASAN
Faktor motivasional merujuk pada kemampuan untuk menaruh perhatian dan energi untuk terlibat, serta belajar dan berfungsi dengan efektif dalam situasi di mana terdapat perbedaan budaya. Faktor terakhir, yakni faktor perilaku yang berkaitan dengan kemampuan individu dalam menunjukkan perilakunya ketika berinteraksi dengan orang yang berbeda budaya, baik verbal maupun nonverbal.

MULTIKULTURAL DALAM BERMEDIA SOSIAL DI TENGAH MASYARAKAT
Seseorang dengan kecerdasan budaya yang tinggi, mampu berinteraksi lebih baik dengan orang lain yang memiliki kebudayaan yang berbeda. Hal ini karena, seseorang dengan kecerdasan budaya akan bisa melihat pola-pola, nilai–nilai, dan perilaku orang lain, tanpa merasa terganggu oleh budaya tersebut.

SOLUSI
Menurut saya, penggunaan media sosial tanpa dibarengi dengan kecerdasan budaya tentu akan sangat berbahaya. Budaya merupakan cara hidup yang terus menerus berkembang dan merupakan milik sekelompok orang yang diwariskan dari generasi ke generasi. Banyaknya budaya di Indonesia ditambah mudahnya berinteraksi dengan orang lain dengan menggunakan teknologi menjadikan kecerdasan budaya sangat penting bagi perkembangan bangsa dan negara.

KESIMPULAN
Media sosial menjadi sarana yang mampu meningkatkan kemampuan individu dalam memperoleh informasi. Layaknya pedang bermata dua, media sosial memiliki sisi negatif dan positif berkaitan dengan kecerdasan budaya.

Tidak jarang informasi yang disebarkan di media sosial menyebabkan kesalahpahaman, karena adanya perbedaan budaya dalam memahami isi pesan. Selain itu, banyak juga informasi yang sengaja digunakan guna memecah belah bangsa. Sebagaimana dalam penelitian Garretson (dalam Bhakti et al., 2018) isi dari pesan di media dapat mempengaruhi pemahaman seseorang tentang budaya tertentu.