Ustad di Depok Buat Isu Babi Ngepet, Ternyata Ingin Tenar, dan Akhirnya…

Ustad di Depok Buat Isu Babi Ngepet, Ternyata Ingin Tenar, dan Akhirnya...
FOTO: Ustad Adam Ibrahim saat diperiksa penyidik Polres Metro Depok

DEPOK, LimaaDetik.Com – Seorang Ustad di Depok sempat membuat heboh warga sekitar dengan menebar Isu adanya makhluk babi ngepet di Sawangan, Depok ternyata hanyalah hoaks semata. Tentu cerita yang beredar hanyalah cerita fiktif. Penyebar hoaksnya adalah Ustaz Adam Ibrahim dan kini sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolsian setempat.

Dalam keterangan Ustaz Adam kepada Polisi, dirinya bekerjasama dengan delapan orang. Mereka mengarang cerita seolah-olah babi ngepet tersebut benar dan memang nyata adanya. Saat ini, polisi baru menetapkan satu orang tersangka dari isu hoaks tersebut.

Kepada media, Kapolres Metro Depok Kombes Imran Edwin Siregar mengatakan, Ustad Adam sengaja membuat berita hoaks tersebut karena ingin tenar atau menjadi terkenal.

Tidak hanya itu, bahkan rencana cerita fiktif tersebut sudah dibuat pelaku sejak sebulan yang lalu dibantu warga lain dan orang-orang terdekatnya. Soal darimana asal babi tersebut, polisi mengatakan bahwa Ustad Adam membelinya melalui online lewat kominitas pecinta kucing senilai Rp 900 ribu.

“Kemudian saudara Adam Ibrahim melakukan pembelian seekor babi melalui online dari komunitas kucing Depok, senilai Rp 900 ribu dengan ongkos kirim Rp 200 ribu,” kata Imran, Kamis (29/4/2021).

Selanjutnya kata Kapolres Metro Depok, Ustad Adam meletakkan babi tersebut di dalam rumah. Lalu pada tengah malam, ia mulai melakukan aksinya dan membuat warga setempat heboh.

Lalu kemudian Ustad Adam menyebarkan informasi bahwa seakan akan ada manusia yang berubah wujud menjadi babi ngepet. Warga saat itu juga langsung mempercayainya karena sebelumnya tidak pernah melihat bagaimana proses penangkapan tersebut.

“Ketika itu, semua saksi tidak ada yang mengetahui dan melihat secara langsung terkait dengan peristiwa berubahnya seorang manusia menjadi seekor babi, hanya berdasarkan cerita yang dikarang oleh saudara ustad Adam Ibrahim,” tuturnya.

Kemudian tambah Kapolresta Metri Depok menambahkan, para saksi rupanya hanya melihat hewan yang diklaim sebagai babi ngepet tersebut saat sudah di dalam kandang yang sudah disiapkan Ustad Adam.

“Tidak ada diantara saksi yang melihat penangkapan dan seperti apa manusia berubah (babi ngepet). Mereka (saksi) hanya melihat seekor babi yang berada di sekitar kandang yang ternyata telah disiapkan oleh saudara ustad Adam di sebelah rumahnya, jadi itu yang dikarang ceritanya seakan semuanya nyata”tukasnya.

(Rus/Yd)