Virus Corona Semakin Meningkat Warga Sidodadi Siap Melawan dengan Vaksinasi

Virus Corona Semakin Meningkat Warga Sidodadi Siap Melawan dengan Vaksinasi
FOTO: Para mahasiswa PMM kelompok 8 UMM bersama TNI, Polisi dokter dan aparat desa Sidodadi

MALANG, LimaDetik.Com – Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa atau biasa disebut dengan PMM (Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa) pada Universitas Muhammadiyah Malang. Sebuah Program kerja yang dilakukan oleh Mahasiswa bertujuan untuk membantu, mangayomi dan memberikan support dalam pengabdiannya di lingkungan tersebut sesuai dengan tujuannya.

Salah satu program kerja yang dilakukan oleh PMM Kelompok 8 ini, membantu pelaksanaan program vaksinasi yang ada di Desa Sidodadi, Kabupaten Malang, Jawa Timur agar berjalan dengan baik.

Antonio Syafi’i, ketua PMM kelompok 8 mengatakan, vaksinasi ini berfungsi untuk memberikan pencegahan dalam penyebaran virus, sehingga dapat meningkatkan imun dan kekebalan bagi tubuh. Selain itu, vaksinasi ini juga mengurangi angka penularan bagi masyarakat sekitar desa Sidodadi.

“Proses vaksinasi ini mayoritas ditujukan kepada lansia dan masyarakat umum di desa Sidodadi. PMM Kelompok 8 berkontribusi dalam mengkondisikan masyarakat yang mengantri vaksinasi sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan teratur. Dan juga tetap mematuhi protokol kesehatan, mengarahkan masyarakat disaat kegiatan berlangsung, ikut membereskan tempat vaksinasi dan memberikan pemahaman warga Sidodadi sebagaimana pentingnya vaksin” katanya, Kamis (1/7/2021) kepada media ini.

Virus Corona Semakin Meningkat Warga Sidodadi Siap Melawan dengan Vaksinasi
FOTO: Antusias masyarakat mengikuti kegiatan vaksinasi bersama mahasiswa PMM kelompok 8 UMM

Selain itu kata Antonio, vaksin yang diberikan kepada warga Sidodadi adalah jenis vaksin Sinovac yang cukup aman karena efek samping yang ditimbulkan hanya mudah mengantuk dan lapar. Dari hal tersebut, sebelum diberikan vaksin para lansia harus melakukan tahap proses pemeriksaan terlebih dahulu untuk menentukan boleh tidaknya orang terssebut dalam menerima vaksin.

“Apabila mereka memiliki keluhan seperti tekanan darah tinggi maka hal tersebut tidak diperbolehkan untuk melakukan vaksinasi” ujarnya.

Sementara itu, dr. Ahmad Hashemi, salah satu dokter berpartisipasi pada kegiatan pemberian vaksin di Desa Sidodadi ini menuturkan “Program vaksinasi ini sangat bagus untuk dilaksanakan, karena disaat ini kondisi penyebaran dari virus covid semakin melonjak naik. Hal tersebut menjadi target kami agar program vaksinasi ini dapat lebih unggul dari penyebaran virus covid. Jadi dapat mengurangi angka penyebaran lebih cepat” kata dr. Ahmad Hashemi.

Virus Corona Semakin Meningkat Warga Sidodadi Siap Melawan dengan Vaksinasi
FOTO: Warga lansia antusias ikuti vaksinasi

“Dengan adanya vaksinasi ini diharapkan dapat menekan kasus penyebaran virus corona yang semakin hari kian bertambah” imbuhnya.

Kegiatan vaksinasi Desa Sidodadi ini dihadiri oleh 300 peserta yang berasal dari 7 Dusun, yakni dari Dusun Krajan, Kalianyar, Boro, Klosod, Kedangan, Pilang dan Ngadeng.

Jumari, salah satu staf desa mengatakan bahwa, dengan adanya vaksinasi ini, antusias warga Sidodadi sangatlah tinggi membuat perangkat desa dan petugas kesehatan kewalahan dalam menangani hal ini.

“Alhamdulillah, adanya bantuan dari kontibusi adik-adik Mahasiswa, kami merasa terbantu dalam kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar” ungkapnya.

Penulis: Putri Surya
Editor : Wahyu