Tak Berkategori  

Yukk Cari Tahu Betapa Pentingnya Penyusunan Anggaran Bagi Perusahaan

Yukk Cari Tahu Betapa Pentingnya Penyusunan Anggaran Bagi Perusahaan

Oleh:
– Dewi Ayu Lestari
– Gayatri Mayang Sari
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jurusan Akuntansi

Secara umum saat mendengar kata anggaran/ budgeting yang terlintas dipikiran kita ialah menerima sejumlah uang, kemudian menentukan berapa jumlah yang harus dialokasikan untuk pengeluaran tertentu. Sebelumnya mari kita pahami terlebih dahulu apa itu definisi anggaran/budgeting diperusahaan. Menurut Munandar (2001:3) defenisi anggaran atau budget adalah “suatu rencana yang disusun secara sistematis, yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku dalam jangka waktu (periode) tertentu yang akan datang.” Anggaran merupakan alat untuk merencanakan dan mengendalikan keuangan perusahaan dalam penyusunannya dilakukan secara periodik.

Dalam suatu perusahaan tentunya mempunyai Rencana Anggaran Kerja Perusahaan atau biasa disingkat (RKAP). Mengapa demikian? Seperti hal nya jika kita mendapatkan penghasilan dan tidak menggambarkan penghasilan yang kita peroleh terlebih dahulu, maka uang pun akan keluar begitu cepat tanpa kita sadari kemana uang tersebut dialokasikan. Begitupun dengan perusahaan, ketika akan menjalankan bisnis, penting sekali untuk merencanakan dan mengatur keuangannya.

Pentingnya penyusunan anggaran bagi perusahaan dalam menciptakan suatu proses anggaran merupakan cara paling efektif untuk menjaga bisnis dan alat-alat pembayarannya agar tetap pada jalur. Suatu perusahaan menyusun rencana anggaran sebagai dasar pelaksanaan seluruh aktivitas usahanya dalam periode satu tahun. Oleh karena itu, suatu rencana kerja dan anggaran wajib dibuat untuk mencapai rencana (tujun) suatu perusahaan untuk masa mendatang
(plan for future).

Penyusunan anggaran pada suatu perusahaan memiliki kaitan erat dengan penyusunan rencana (planning), pengkoordinasian kerja (coordinating) dan pengawasan kerja (controlling). Oleh karena itu, anggaran perusahaan berperan sebagai alat bagi manajemen perusahaan dalam melaksanakan tiga fungsi tersebut. Anggaran akan dijadikan sebagai pedoman kerja, alat kerja, dan alat pengendalian sehingga anggaran harus dapat mencakup semua kegiatan yang akan dilaksanakan oleh semua bagian yang ada di perusahaan. Apabila ada sebagian dari kegiatan perusahaan yang tidak tercakup dalam anggaran, berarti ada sebagian kegiatan yang tidak mempunyai pedoman atau arah.

Anggaran biasanya digunakan untuk mengetahui sebuah rencana awal biaya yang akan dikeluarkan untuk melakukan pembelian maupun biaya pada proyek bisnis atau usaha tertentu. Adanya anggaran ini, diharapkan ide atau proses yang sudah dimulai dapat berjalan dengan lebih lancar.

Di atas kita juga sudah menyinggung sedikit terkait tujuan dari anggaran biaya itu sendiri. Secara lebih lengkap tujuan yang bisa didapatkan kamu dapat mempersiapkan anggaran seperti di bawah ini:

• Anggaran biaya dapat digunakan sebagai alat ukur untuk semua pihak ketika melakukan perencanaan keuangan dalam pembelian barang maupun sebuah proyek.
• Untuk melihat seberapa besar biaya yang dihabiskan oleh suatu perusahaan pada pembangunan proyek.
• Dapat dijadikan sebagai satu alat acuan bagi otoritas keuangan.
• Sebagai alat ukur pencapaian target perusahaan.

Untuk membuatnya, kamu dapat memanfaatkan Ms. Excel untuk mempermudah perhitungan- perhitungan yang kompleks dengan menggunakan rumus di dalamnya. Tetapi, apabila kamu ingin lebih cepat dan dibantu pihak ketiga juga sudah banyak yang menyediakan jasa ini.

Tinggalkan Balasan