Esensi Konsep Akuntansi dalam Memudahkan Jalan Seorang Entrepreneur

Avatar of news.Limadetik
Esensi Konsep Akuntansi dalam Memudahkan Jalan Seorang Entrepreneur
FOTO: Ajeng Septia Risgihartika

Oleh : Ajeng Septia Risgihartika
Prodi: Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang

_________________________

ARTIKEL – Konsep akuntansi bagi entrepreneur secara harfiah merupakan suatu proses pemberdayaan yang sangat penting untuk membantu seorang entrepreneur membuat tujuan, komitmen, dan kemajuan yang lebih strategis. Seorang pengusaha harus memiliki berbagai keterampilan untuk membangun dan menjalankan bisnis yang sukses. Hal ini dikarenakan seorang pengusaha merupakan orang yang bertanggung jawab untuk membuat semua keputusan penting yang berdampak pada keseluruhan organisasi usaha yang ia jalankan.

Selain itu, seorang pengusaha harus tanggap dalam melakukan sejumlah tugas yang berbeda dari yang biasa ia lakukan selama sehari. Dengan demikian, penting bagi seorang wirausahawan untuk mengetahui kiat-kiat utama kewirausahaan agar berhasil dalam bisnisnya.

Konsep Esensial Akuntansi Bagi Seorang Entrepreneur

Setiap kali membicarakan topik mengenai “keterampilan yang harus dimiliki pengusaha sukses” maka orang-orang akan berpikiran mengenai keterampilan generik seperti kepemimpinan dan komunikasi merupakan hal yang paling penting. Padahal ada banyak sekali keterampilan lain yang juga sangat penting untuk menjadi pengusaha sukses yang sering diabaikan. Salah satunya sangat penting bagi seorang pengusaha untuk memiliki pengetahuan dasar tentang konsep akuntansi dan pembukuan.

Namun fenomena yang terjadi di masyarakat, banyak pemilik bisnis yang tidak memiliki sumber keuangan untuk menyewa seorang akuntan. Bahkan sekalipun seorang pengusaha bisa mempekerjakan seorang akuntan, mereka juga harus tetap berkomitmen untuk memiliki pengetahuan dasar akuntansi dan mengembangkan keterampilan akuntansi yang dimilikinya. Ketika bisnis semakin maju maka seorang pengusaha masuk ke dalam posisi untuk mendelegasikan tanggung jawabnya sehingga pengetahuan yang diperoleh melalui akuntansi akan sangat memberdayakan pengusaha tersebut untuk mengalihkan tanggung jawabnya terkait akuntansi ke akuntan profesional.

Akuntan professional tentu akan membantu seorang pengusaha lebih fokus untuk mendiskusikan tujuan dan realitas keuangan sesuai dengan tujuan organisasi usahanya. Sejatinya, pengusaha yang mencari kesuksesan dan kelangsungan bisnis jangka panjang mengetahui bahwa akuntansi adalah alat strategis dan keahlian yang penting dalam kemajuan bisnisnya. Karena pada dasarnya memperoleh pengetahuan akuntansi dan mengembangkan keterampilan dari akuntansi dasar tidak membutuhkan waktu yang lama. Dampak yang paling jelas dari memperoleh pengetahuan akuntansi dasar adalah dapat membantu seeorang pengusaha dalam menguasai aspek keuangan operasi bisnisnya.

Akuntansi Membantu Seorang Entrepreneur Berkembang!

Syarat utama agar bisnis dapat dikatakan berhasil dan berkembang adalah memperoleh keuntungan. Namun yang lebih penting adalah mengelolanya dengan cerdas dari sudut pandang keuangan. Misalnya sebuah fenomena bisnis yang menunjukkan kerugian karena arus kasnya berubah negatif sehingga seorang pengusaha harus mengetahui cara mengelola arus kas dalam meminimalisir kesalahan semacam ini. Aturan dan prinsip akuntansi juga akan memandu entrepreneur dalam mempersiapkan pajak, menganalisis keuangan bisnis, dan menyiapkan bisnis untuk pertumbuhan dan kesuksesan di masa yang akan datang.

Seorang entrepreneur biasanya seorang yang sering mengambil keputusan utama dalam sebuah entitas bisnis. Ini berarti seorang entrepreneur merupakan satu-satunya orang yang bertanggung jawab untuk pengambilan keputusan. Memiliki pengetahuan dasar dan pemahaman tentang konsep dasar akuntansi akan sangat membantu seorang entrepreneur mengambil keputusan yang terarah, bijak dan berorientasi sesuai dengan tujuan entitas bisnisnya. Selain itu seorang entrepreneur juga dituntut menjadi negosiator yang baik. Dengan keterampilan negosiasi yang lebih baik seorang entrepreneur dapat mendorong untuk menyelesaikan kesepakatan yang lebih baik pula.

Misalnya seorang entrepreneur dapat menegosiasikan gaji dengan karyawan dan kontrak vendor untuk menjaga pengeluaranya serendah mungkin. Ini berarti ketika seorang entrepreneur memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang konsep akuntansi dan pembukuan maka seorang entrepreneur akan dapat memberikan argumen yang lebih logis dan beralasan kepada pihak yang dinegosiasikan.

Implementasi Rill Akuntansi Bagi Organisasi Bisnis

Dalam implementasinya akuntansi yang sering digunakan seorang entrepreneur adalah akuntansi biaya. Tujuan penting atau utama dari akuntansi biaya berkisar pada kuantifikasi produktivitas. Artinya, ini memungkinkan usaha atau perusahaan dari seorang entrepreneur untuk merekam kinerja karyawan mereka secara nyata berdasarkan tingkat output. Hal ini juga sangat berguna karena dapat digunakan untuk keputusan penting yang harus dibuat selanjutnya.

Misalnya jika tingkat produktivitas mengalami tren penurunan, akuntansi dapat membantu menjalankan analisis yang menunjukkan dengan tepat penyebab yang mendasarinya. Selain itu juga dapat mengetahui seberapa baik kinerja bisnis melalui strategi akuntansi sebagai cara yang paling mudah untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk implementasi perubahan.

Selain produktivitas, akuntansi biaya juga banyak digunakan untuk membantu entrepreneur mengambil keputusan penting tentang bisnis secara umum. Akuntansi biaya juga akan meminimalkan biaya sebuah perusahaan atau usaha yang dijalankan entrepreneur. Akuntansi biaya akan meminimalkan biaya dengan sempurna karena akan berfokus pada laporan profitabilitas dan penelitian solusi alternatif.

Dengan demikian, akuntansi mampu membantu melayani tujuan seorang entrepreneur secara mendasar dan menentukan signifikansinya. Sehingga sangat penting bagi seorang entrepreneur mengetahui konsep esensial dari akuntansi.