Investasi di Bank Syariah Atau Konvensional, Manakah yang Lebih Baik?

Avatar of news.Limadetik
Investasi di Bank Syariah Atau Konvensional, Manakah yang Lebih Baik?
FOTO: Ilustrasi

OLEH : R.Moh.Hengki Irawan
PRODI : Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang

_____________________________________

NEWS.LIMADETIK.COM – Sekarang investasi sangat ramai di lakukan oleh setiap kalangan, baik itu kalangan muda maupun orang tua. Investasi yang di lakukan ini bertujuan untuk mendapatkan uang di kemudian hari. Tak hanya di lakukan oleh orang yang sudah pensiun pada masa kerja, tetapi pengusaha pun banyak melakukan investasi.

Zaman dulu kita hanya mengenal investasi pada Bank konvensional, tetapi sekarang tidak hanya Bank konvensional saja yang bisa kita gunakan untuk investasi. Saat Bank syariah juga bisa kita gunakan untuk berinvestasi. Dan dari hal tersebut banyak orang bertanya, manakah yang lebih baik di gunakan dalam kita berinvestasi?.

Di Indonesia sebenarnya kita sah-sah saja jika kita berinvestasi di Bank syariah atau konvensional, tetapi itu semua tergantung dari kita manakah yang lebih baik untuk diri kita nantinya. Jika kita berinvestasi tentunya dari kedua Bank tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pada Bank konvensional soal memperoleh keuntungan pasti menggunakan suku bunga, sementara pada Bank syariah tidak di perkenankan adanya bunga tersebut dan akan terkonsen menggunakan sistem bagi hasil tanpa merugikan pihak manapun.

Perbedaan yang lain juga dari Bank syariah yaitu pada saat kita awal menjalankan investasi yaitu pasti menggunakan akad. Dimana akan yang terjadi yaitu, akad kerjasama atau Musyarakah, sementara Bank konvensional sangat simpel, yaitu hanya menekankan kesepakatan tanpa jelas aturan halal atau haramnya. Sementara dari tujuan yang di lakukan Bank konvensional dalam investasi yaitu hanya untuk meraih return setinggi-tingginya.

Sementara pada Bank syariah hal tersebut bukanlah tujuan utuma, justru mengedepankan Socially
Responsible Investment (SRI).

SRI merupakan suatu bentuk strategi investasi yang menggabungkan antara perolehan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan kebajikan sosial. Tetapi orang yang berinvestasi pada saat ini tetap saja lebih mengenal Bank konvensional di bandingkan Bank syariah di karenakan Bank konvensional lebih mendominasi di kalangan masyarakat. Hal itu di akibatkan Bank konvensional sudah ada sejak dulu, sedangkan Bank syariah baru ada di zaman saat ini.

Bank konvensional dan Bank syariah tetap saja merupakan lembaga yang sangat baik digunakan untuk para investor berinvestasi, karena keduanya sama-sama memberikan keuntungan untuk para investor tersebut. Hanya saja aturan dan cara yang digunakanlah yang berbeda.