Menanggulangi Pecahnya Persatuan dengan Memanfaatkan Perbedaan Sebagai Perekat

Avatar of news.Limadetik
Menanggulangi Pecahnya Persatuan dengan Memanfaatkan Perbedaan sebagai Perekat
FOTO: Ocha Sagita

Menanggulangi Pecahnya Persatuan dengan Memanfaatkan Perbedaan sebagai Perekat

Oleh : Ocha Sagita
Prodi: Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Malang

______________________________

ARTIKEL – Dampak yang ditimbulkan dari pecahnya persatuan sangat besar dan merupakan suatu masalah yang cukup rumit. Konflik perpecahan masyarakat bisa terjadi antarindividu, kelompok, maupun masyarakat. Perpecahan dapat mengancam kehidupan bermasyarakat dan persatuan bangsa. Hal ini tentu dapat berdampak buruk pada kemajuan ekonomi.

Salah satu penyebab pecahnya persatuan adalah perbedaan. Perbedaan yang dimaksud contohnya adalah perbedaan agama, ras, budaya, politik, opini, dan masih banyak lagi. Pada dasarnya semua itu hanyalah bentuk ketidakmampuan suatu kelompok atau individu untuk menghargai perbedaan yang ada.

Harusnya, mereka bisa memanfaatkan perbedaan tersebut untuk memperkuat persatuan dan bukan memperkuat kepentingan suatu individu maupun kelompok. Perbedaan juga bisa dimanfaatkan untuk saling melengkapi untuk mencapai tujuan Bersama. Perdebatan yang memanas seharusnya dihindari. Kita harus membangun dialog yang baik untuk mencari titik temu dan solusi bersama.

Untuk mengatasi maupun mencegah hal tersebut, kita perlu memahami betul bahwa perbedaan adalah suatu hal yang wajar dan akan terjadi di mana pun. Kita harus bisa menerima segala perbedaan tersebut, menghormati perbedaan, dan menerimanya sebagai bagian dari hidup kita.

Salah satu hal penting lainnya yang sering kita lupakan yaitu menghargai hak setiap individu dalam mengekspresikan dirinya dan mempertahankan identitas mereka tanpa melakukan diskriminasi maupun penindasan. Dengan begitu, alih-alih menjadi pemicu perpecahan, perbedaan akan menjadi perekat persatuan.

Kesimpulan yang dapat kita ambil yaitu, memanfaatkan perbedaan sebagai perekat persatuan adalah Langkah yang tepat dalam mengatasi pecahnya persatuan. Kita harus menerima perbedaan sebagai hal yang wajar alih-alih memaksakan pandangan individu. Individu harus menghargai setiap perbedaan yang ada di masyarakat.