Opini  

Tantangan dan Hambatan Multikultural di Era Globalisasi

Avatar of news.Limadetik
Tantangan dan Hambatan Multikultural di Era Globalisasi
FOTO: Suyitno

Oleh : Suyitno
Prodi : Peternakan
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

__________________________

Pengantar
LIMADETIK.COM – Adanya perkembangan teknologi saat berjalan beriringan dengan apa yang disebut globalisasi, dengan adanya globalisasi menjadikan masuk dan bercampurnya beragam budaya serta bahasa dari berbagai negara. Banyaknya suku, ras, dan agama yang ada di Indonesia yang bercampur dengan banyaknya informasi dari luar negara membuat masyarakat harus berfikir lebih signifikan.

Pendahuluan
Banyaknya suku, ras, dan agama dalam suatu negara menjadi salah satu faktor dalam membangun negara yang bhineka tunggal ika. Dalam hal ini diperlukan sikap kesadaran diri dan toleransi dengan tujuan untuk mencapai semboyan bersama.

Problematika
Adanya perbedaan antar suku dalam suatu negara menyebabkan munculnya berbagai pertikaian karena merasa tidak mendapat hak yang sama serta kebebasan yang tidak merata. Tantangan dan hambatan dalam multikultural di era globalisasi juga dipengaruhi oleh letak pulau yang menjadi tempat tinggal serta mencari penghidupan.

Tak hanya budaya dan ras juga lainnya yang beragam di indonesia, masuknya pengaruh budaya luar akibat pengaruh globalisasi menyebabkan tak jarang ditemukan adanya ketidaksesuaian antara budaya bangsa dan budaya luar yang memberikan dampak negatif bagi seseoarang.

Pembahasan
Dalam era globalisasi yang berjalan seiring waktu dengan berbagai perbedaan yang terkandung dalam suatu negara menjadikan masyarakat dengan perubah pola pikir yang lebih signifikan, hal ini disebabkan karena dampak yang ditimbulkan dari globalisasi.

Solusi
Dari adanya globalisasi dalam beragaman keunikan negara menjadikan suatu negara untuk lebih tegas dalam mengatur serta menjalankan negara dalam mencapai semboyan yang dikuatkan. Meskipun globalisasi memberikan dampak yang menguntungkan untuk masyarakat namun, kita juga harus memikirkan baik buruknya dampak tersebut dalam multikultural.

Kesimpulan
Adanya globalisasi yang memberikan perkembangan dan kemudahan namun, dibalik itu juga terkandung pertentangan antar suku maupun agama yang ada dalam negara. Dengan berbagai tantangan dan hambatan dalam multikultural diera ini membuat kita sebagai warga yang bersama menjunjung semboyan untuk lebih berpikir kritis serta tidak egois dalam menghadapi pilihan serta perubahan dari berjalanya waktu.