Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa UMM Berikan Edukasi Saving Money Anak di Panti Asuhan Taqwa Al-Qalbi

Avatar of news.Limadetik
Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa UMM Berikan Edukasi Saving Money Anak di Panti Asuhan Taqwa Al-Qalbi
FOTO: Kegiatan Mahasiswa PMM UMM Kelompok 37 Gelombang 11 bersama anak panti asuhan Taqwa Al-Qolbi

LIMADETIK.COM, MALANG – Pengabdian Masyarakat oleh (PMM) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan tema Bhaktimu Negeri kelompok 37 gelombang 11 yang beranggotakan lima orang dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Novitasari Agus Saputri, M.Pd. pada hari Rabu (12/10/2022) memberikan edukasi tentang Saving Money terhadap anak panti Asuhan Taqwa Al-Qolbi yang berlokasi di Jl. Joyo Agung II No. 9 Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

“Bentuk edukasi yang kami lakukan yaitu melalui Power Point dan vidio mengenai pentingnya menyimpan uang dengan cara menabung” kata Andria Putri Novita Erwanda, koordinator PMM UMM kelompok 37 gelombang 11.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan pola pikir anak, dan meningkatkan kesadaran anak panti tentang pentingnya cara menyisihkan uang yang di miliki dengan tujuan tertentu dan dalam waktu tertentu.

“Kami juga menyampaikan manfaat yang di dapat saat menabung, yaitu disiplin, dapat bertanggung jawab atas uang jajan, hidup hemat tidak boros, menghargai uang dan merasakan betapa susah dan lamanya mengumpulkan uang, dan dapat mengatur keuangan kita dengan baik” ucapnya.

Dalam edukasi saving money ini lanjut Putri, pihaknya melakukan praktik kepada anak Panti Asuhan Taqwa Al-qalbi dengan memberikan dompet target kepada anak-anak panti asuhan tersebut. Jadi dalam dompet target tersebut terdapat tempat untuk menyimpan uang dari tanggal 1 sampai tanggal 30.

“Kami memberikan dompet tersebut dengan bertujuan agar anak-anak memiliki tujuan menabung dan supaya anak-anak juga memiliki keinginan penuh untuk menyisihkan uangnya setiap harinya untuk dimasukkan ke dompet target tersebut. Sehingga dalam proses tersebut anak-anak merasa senang karena mempunyai target yang dicapai” tukasnya.