Mahasiswa PMM UMM dan Siswa SD 01 Tasikmadu Belajar Bersama Melalui Game Edukatif

Mahasiswa PMM UMM dan Siswa SD 01 Tasikmadu Belajar Bersama Melalui Game Edukatif
FOTO: Mahasiswa PMM UMM Kelompok 86 saat memberikan pembelajaran game edukatif kepada siswa SD 01 Tasikmadu Kota Malang

KOTA MALANG, LimaDetik.Com – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dengan Program Pengabdian masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) gelombang 10 kelompok 86, melakukan sebuah kegiatan pembelajaran berupa game edukatif bersama siswa SD 01 Tasikmadu yang berada di wilayah RW 01, Kelurahan Tasikmadu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Sabtu (26/06/21).

Masa pandemi COVID-19 memiliki dampak besar terhadap berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Penerapan pembelajaran secara online menjadi keputusan pemerintah terhadap sekolah agar tetap sehat dan mencegah penyebaran virus semakin meluas. Adanya pembelajaran secara online menjadi tantangan tersendiri bagi siswa maupun orang tua.

Mahasiswa PMM UMM dan Siswa SD 01 Tasikmadu Belajar Bersama Melalui Game Edukatif
FOTO: Siswa SD 01 Tasikmadu saat mengikuti arahan Mahasiswa PMM UMM Kelompok 86

Hal ini dikarenakan siswa harus bisa belajar sendiri tanpa didampingi guru selama proses belajar sehingga para orangtua dituntut dapat memantau sekaligus memastikan anaknya tetap fokus belajar dengan maksimal.

“Namun, sebagian besar orang tua mengeluhkan pembelajaran secara online karena anak-anak mereka diberikan tugas secara terus menerus tanpa dibarengi fasilitas media pembelajaran sehingga sulit memahami materi yang diberikan” kata salah satu anggota kelompok mahasiswa PMM UMM.

Menurutnya, game edukatif yang diberikan kepada anak-anak adalah ranking satu, dimana pada game ini siswa akan dibacakan beberapa soal mata pelajaran bahasa Indonesia, ilmu pengetahuan alam (IPA), ilmu pengetahuan social (IPS), dan matematika.

Mahasiswa PMM UMM dan Siswa SD 01 Tasikmadu Belajar Bersama Melalui Game Edukatif
FOTO: Cara mahasiswa PMM UMM Kelompok 86 dalam memberikan edukasi kepada anak didik di SD 01 Tasikmadu

Selain itu lanjut dia, ada lima soal setiap mata pelajarannya, dan setiap soal akan siberi waktu 30 detik untuk menjawabnya. Di ikuti oleh 15 anak yang nantinya akan diseleksi untuk menentukan juara 1,2,dan 3.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para siswa di kelurahan tasikmadu tetap bisa belajar, menghilangkan rasa bosan anak-anak selama pandemi dan dapat bermain bersama dengan teman-temannya lagi” ujarnya.

Penulis : Reza Diffa
Editor : Wahyu