Pendampingan Jumat Bersih, Gotong Royong di Desa Jatirejoyoso

Avatar of news.Limadetik

MALANG, Limadetik.com – Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu berinteraksi sesama. Kehidupan akan selalu memerlukan partisipasi dari setiap individu untuk mencapai suatu tujuan. Salah satu kegiatan yang masih rutin dan sering dilakukan oleh masyarakat desa yaitu gotong royong untuk membersihkan desa.

Jumat bersih ini merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mempererat hubungan antar warga desa. Kegiatan ini biasanya dilakukan di salah satu titik yang ditentukan. Di Desa Jatirejoyoso sendiri, kegiatan gotong royong ini sering dilakukan pada hari Jum’at pagi dengan melibatkan beberapa perangkat desa dan warga sekitar. Jumat bersih pada Desa Jatirejoyoso sering berfokus untuk membersihkan beberapa wilayah seperti lapangan bola hingga jalan utama persawahan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan wilayah-wilayah yang terlihat kotor dan terlalu rimbun. Tidak jarang juga jumat bersih dilakukan untuk persiapan acara-acara tertentu.
Oleh karena itu, telah dilakukan pendampingan untuk membantu warga desa dalam kegiatan jumat bersih (gotong royong) oleh tim KKN UM 2022” koordinator, tim KKN UM 2022 Desa Jatirejoyoso, Arya Dwi Prasticko, Rabu (20/7/2022).

Hal ini kata Arya akan meringankan kegiatan gotong royong dengan penambahan tenaga yang dibutuhkan. Selain itu, kegiatan jumat bersih akan lebih ringan dilaksanakan dengan adanya tenaga tambahan ini. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Jatirejoyoso, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Pendampingan jumat bersih (gotong royong) dilaksanakan pada setiap hari jumat yang dimulai pukul 08:00 WIB sampai selesai. Dalam kurun waktu tersebut tim KKN UM 2022 membantu warga desa untuk membersihkan beberapa wilayah di Desa Jatirejoyoso.

“Sebelum tim KKN UM 2022 melakukan kegiatan ini, dilakukan koordinasi kepada setiap kepala dusun untuk pencarian informasi tentang kegiatan jumat bersih (gotong royong)” ujarnya.

Ia menhatakan, berdasarkan koordinasi tersebut ternyata beberapa dusun tidak melakukan kegiatan jumat bersih (gotong royong) secara rutin melainkan dilakukan secara menyeluruh oleh perangkat desa.
Pada minggu pertama tim KKN UM 2022 membantu warga desa untuk membersihkan lapangan bola yang terletak di dekat taman refugia.

“Setelah dilakukan pembersihan lapangan terlihat lebih luas dan bersih. Pada minggu kedua membantu warga desa untuk membersihkan rumput yang berada di sepanjang pinggir jalan persawahan. Setelah dilakukan pembersihan jalanan tampak lebih bersih dan lebih lenggang” terangnya.

Pada minggu selanjutnya kata Arya lagi, membantu perangkat desa untuk membersihkan kantor desa. Kegiatan pada minggu ini berbeda dari minggu-minggu sebelumnya karena akan ada acara yang akan diselenggarakan di kantor desa. Setelah dilakukan pembersihan kantor desa secara detail, kantor desa terlihat lebih tertata dan bersih.

“Secara keseluruhan kegiatan jumat bersih (gotong royong) ini menghasilkan desa yang lebih bersih dan tertata. Selain itu dengan kedatangan tim KKN UM 2022 kegiatan ini menjadi lebih ringan dikarenakan bertambahnya tenaga kerja saat berlangsungnya kegiatan” tukasnya.

Respon (1)

Komentar ditutup.