Penerapan Bank Sampah Oleh Mahasiswa PMM UMM Pada TK ABA 03 Batu

Avatar of news.Limadetik
Penerapan Bank Sampah Oleh Mahasiswa PMM UMM Pada TK ABA 03 Batu
FOTO: Antusias anak anak TK. ABA 03 Kota Batu.

LIMADETIK.COM, BATU – Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil Penelitian dan Pengabdian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 1 Gelombang 10, dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Happy Febrina Haryani, SP., M.Si.
Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa PMM pada Kelompok 1 Gelombang 10 pada TK ABA 03 Batu yang beralamat di Ngaglik, Kecanatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur menerapkan Bank Sampah, digunakan untuk memecahkan permasalahan sampah yang belum teratasi dengan baik, Sabtu (5/11/2022).

Koordinator PMM UMM kelompok 1 gelombng 10, Wahyu Kuncoro Yekti mengatakan, kegiatan Bank Sampah merupakan salah satu program kegiatan dari anggota PMM Kelompok 1 Gelombang 10 dalam program ini anggota PMM memilah sampah berdasarkan 3 jenis sampah diantaranya sampah kertas, sampah plastik, dan sampah organik. Pemisahan sampah kertas dan sampah plastik nantinya akan di ambil oleh pihak bank sampah yang ada di Batu yaitu Elha Batu. Sedangan sampah organik akan dijadikan pupuk kompos untuk tanaman.

Kegiatan Bank Sampah yang dilakukan Anggota PMM pada Kelompok 1 Gelombang 10 ini bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah yang ada di sekolah dan menciptakan lingkungan sekolah yang bersih juga sehat. Selain itu juga menanamkan kesadaran terhadap siswa dan seluruh warga sekolah TK ABA 03 akan pentingnya menjaga dan menghargai lingkungan sekolah.

“Dalam program ini kami juga memberikan sosialisai terhadap anak TK ABA 03 Batu dengan mencotohkan bagaimana cara kita memisahkan sampah dan membuang sampah berdasarkan jenisnya. Hal ini bertujuan agar anak terbiasa membuang sampah pada tempatnya dan menumbuhkan rasa tanggung jawab serta kepedulian terhadap sampah” kata Wahyu.

Lanjut Wahyu, pentingnya sosialisasi pada anak-anak TK ABA 03 Butu tentang bank sampah ini agar anak terbiasa dengan hal tersebut maka perlu ditanamkan sejak dini terkait membuang sampah dengan benar. Ketika tidak sejak dini ditanamkan pada anak, maka anak akan membuang sampah sembarangan dan tidak peduli dengan sampah.

“Diharapkan dengan adanya program bank sampah yang di berikan oleh anggota PMM Kelompok 1 Gelombang 10 berguna untuk memajukan sekolah TK ABA 03 Batu dan pada seluruh siswa mejadi peduli terhadap lingkungan sekolah. Selain itu siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dengan memanfaatkan sampah plastik menjadi kerajinan” demikian Wahyu menyqmpaikan.

Untuk diketahui, Kelompok 1 Gelombang 10 PMM UMM ini beranggotakan lima orang masing-masing, Wahyu Kuncoro Yekti (Koordinator), Citra Ayu Puspaningrum, Putri Elysa, Dicki Nadavin Erdiansah, Rafi Zaky Arianto, dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Happy Febrina Haryani, SP. M.Si.