Penutupan Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa di TK ABA 03

Avatar of news.Limadetik
Penutupan Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa di TK ABA 03
FOTO: Mahasiswa PMM Kelompok 1 Gelombang 10 bersama Kepala TK ABA 03 dan Guru TK ABA 03

LIMADETIK.COM, BATU – Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) adalah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil Penelitian dan Pengabdian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), melalui Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 1 Gelombang 10 dengan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Happy Febrina Haryani, SP., M. Si.

“Kami mengadakan progam ini di Desa Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur, sebagai bentuk pengabdian bagi setiap mahasiswa” kata koordinator PMM UMM Kelompok 1 Gelombang 10, Wahyu Kuncoro Yekti, Sabtu (5/11/2022).

Penutupan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Resmi ditutup oleh Gita Sanantha S.Pd pada tanggal 31 Oktober 2022 di halaman TK ABA 03. Acara penutupan tersebut sangat meriah dengan kehadiran guru-guru, murid TK A dan B, serta PAUD.

Dalam acara tersebut, ada beberapa susunan acara, mulai dari sambutan ketua koordinator, kesan pesan dari setiap anggota PMM, sambutan dari masing-masing guru Di TK ABA 03,Penyerahan vandel dan ditutup dengan acara pemberian snack ke murid-murid.serta makan-makan dengan guru-guru.

“Program dari kegiatan PMM kami di TK ABA 03 telah selesai di laksanakan dalam waktu satu bulan. Ada 3 program utama yang kami bawa ke TK ABA 03, seperti bank sampah, pembukuan administrasi, perlombaan. Ada beberapa program penunjang dari TK ABA 03, seperti pengisian akreditasi, membaca, menulis, game motorik, praktik sholat, membaca surat-surat pendek, dan senam” terang Wahyu.

Dalam sambutan ketua koordinator mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah, guru-guru serta murid-murid TK ABA 03 yang sudah bersedia menerima para mahasiswa dan membantu kelancaran program-program mereka selama pengabdian. “Kami juga mendapatkan banyak ilmu dari kegiatan ini dan semoga hal tersebut bermanfaat bagi kami untuk kedepannya” ujarnya.

Sementara, dalam kesan dan pesan yang disampaikan oleh setiap guru pada saat penutupan, mereka memberikan penilaian yang sangat positif bagi kelompok 1 PMM. Kesan yang diberikan seperti, para ibu guru tidak menyangka bahwa mahasiswa yang tidak mempunyai dasar dari jurusan pendidikan, akan tetapi dapat mengikuti arahan pendidikan pada saat kegiatan belajar mengajar.

Penutupan Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa di TK ABA 03
FOTO: Para siswa/i TK ABA 03 Kota Batu bersama Mahasiswa dan Guru

Para guru juga mengatakan, tidak menyangka jika dari PMM sekarang berjalan dengan baik. karena sudah berpengalaman dari kelompok PMM sebelumnya yang kurang maksimal dalam pelaksanaan programnya. Akan tetapi dengan seiring berjalannya waktu, semangat yang sangat besar, dan juga mempunyai rasa tanggung jawab. Yang kemudian membuahkan hasil yang sangat baik dan memuaskan.

Dari pernyataan tersebut membuat kelompok 1 PMM merasa bangga dengan hasil dari pengabdian mwreka yang diberikan respon sangat baik.
Untuk pesan dari para guru juga memberikan pesan yang positif.

“Semoga pengabdian kalian tidak berhenti sampai disini dan jangan bosan untuk memperdalam ilmu, semangat belajarnya bertambah, lulus tepat waktu, dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, lalu diamini seluruh peserta” ucapnya.

“Kemudian, kami juga memberikan pesan kepada seluruh warga TK ABA 03. Semoga para guru tetap sabar dan inovatif dalam membimbing murid-murid, untuk anak-anak semoga menjadi pribadi yang sholeh dan sholehah, semangat belajarnya serta ilmu yang dipelajari di TK ABA 03 bermanfaat untuk keluarga, masyarakat, dan bangsa negara” papar Wahyu.

Setelah acara pemberian kesan dan pesan, dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan berupa vandel yang langsung diserahkan kepada kepala sekolah. Kemudian, pemberian snack yang sudah disiapkan sebelumnya untuk murid-murid TK ABA 03.

“Semua rangkaian acara selesai ditutup dengan foto bersama seluruh warga TK ABA 03. Setelah murid-murid berdoa dan dipulangkan, kami dan para guru makan bersama sebagai bentuk rasa syukur karena program yang kami jalankan selesai dengan hasil yang maksimal” tukasnya.